fbpx

11 Plugin WordPress Wajib Untuk SEO (GRATIS)

1

WordPress adalah CMS (content management system) yang paling banyak digunakan di seluruh dunia untuk membuat blog dan website.

Selain menawarkan berbagai fleksibilitas, mudah digunakan dan gratis, salah satu alasan terbesar yang menjadikan WordPress begitu populer adalah keramahannya terhadap mesin pencari alias SEO Friendly.

Dengan menggunakan berbagai plugin tambahan, kita dapat membuat WordPress menjadi jauh lebih sanggar untuk dapat memenangkan persaingan kata-kata kunci dari konten yang kita miliki di mesin pencari.

Simak daftar lengkap 11 Plugin WordPress yang wajib Anda gunakan untuk SEO. Semuanya Gratis.

1. All In One SEO Pack

All In One SEO Pack adalah plugin pertama yang harus Anda install dan gunakan.

Plugin WordPress Wajib Untuk SEO

Plugin ini menawarkan beragam fitur optimasi mesin pencari yang dapat kita setup dengan lebih mudah dibandingkan plugin serupa lainnya yang cenderung lebih ribet saat dipakai.

Beberapa fitur kunci yang tersedia diantaranya:

  • Setup title, description dan keywords global web
  • Setup title, description dan keywords spesifik untuk setiap laman.
  • Mendukung preview snippet

All In One SEO memiliki fitur yang komplit, sangat ringan dan yang pasti Gratis.

Simak cara lengkap untuk menggunakan plugin ini di artikel yang akan membahasnya secara mendetail berikut: Panduan Menggunakan Plugin All In One SEO Pack

2. Really Simple SSL

Zaman menuntut konten yang tak hanya berkualitas baik, tetapi juga keamanan dan kenyamanan saat berselancar di website milik Anda. Untuk itu, SSL dengan akses https (dengan tanda gembok) telah menjadi standar baru di jagat maya.

Tak heran apabila SSL menjadi salah satu faktor yang diperhitungkan dalam SEO.

Plugin WordPress Wajib Untuk SEO

Beruntung kita tak perlu mengeluarkan uang atau berpikir panjang-panjang untuk mengaktifkan serta memberikan tanda gembok ke web milik kita. Dengan plugin bernama Really Simple SSL, kita dapat segera mengaktifkannya hanya dalam beberapa klik.

Anda dapat membaca lebih jauh penjelasan tentang SSL beserta panduan untuk menggunakan plugin tersebut di artikel yang sudah saya tulis sebelumnya disini: Apa itu SSL?

3. Google XML Sitemaps

Sebuah peta situs akan memudahkan Google untuk mengenali serta menganalisa konten dalam web Anda. Dengan demikian, Anda harus selalu menyediakan laman sitemap untuk membantu meningkatkan tingkat keramahan sebuah web bagi Google.

Plugin Google XML Sitemaps adalah pilihan terbaik untuk membuat peta situs dengan sangat cepat.

Plugin WordPress Wajib Untuk SEO

Saya telah membahas 2 macam sitemap yang sebaiknya harus Anda miliki, untuk mesin dan untuk manusia. Simak pembahasan lengkapnya laman berikut: Sitemap untuk SEO.

4. Favicon by RealFaviconGenerator

Hal kecil yang sering terlewatkan oleh setiap pemilik web adalah Favicon yang meski berdampak tidak langsung tetapi cukup penting untuk SEO jangka panjang.

Alasannya bisa macam-macam, mulai dari tak tahu apa itu Favicon, tak bisa membuat desainnya hingga tak paham cara settingnya.

Kabar baiknya, seluruh permasalahan tersebut diatas dapat diselesaikan menggunakan satu plugin bernama Favicon by RealFaviconGenerator.

Plugin WordPress Wajib Untuk SEO

Baca penjelasan lengkapnya dan mulai buat Favicon Anda sekarang: Favicon untuk SEO.

5. Shortcode Ultimate

Plugin yang satu ini dapat membuat penampilan konten Anda terlihat lebih menarik dan menyenangkan saat dibaca oleh para pengunjung. Dampaknya tak main-main.

Sebab semakin betah seorang pengunjung, semakin lama ia nongkrong dan semakin banyak laman yang dibuka maka semakin baik pula SEO web Anda, terutama untuk urusan yang berhubungan dengan optimasi On Page.

Shortcode Ultimate adalah plugin wajib yang harus digunakan pada setiap konten yang Anda miliki.

Saya telah membuat review lengkap yang membahas plugin ini dari A hingga Z. Silahkan baca melalui link berikut: Review Shortcode Ultimate.

6. Hummingbird

Pagespeed adalah faktor yang diperhitungkan secara sungguh-sungguh dalam SEO masa kini.

Dan jika menyangkut urusan kecepatan dan performa web, maka Hummingbird adalah solusinya. Plugin buatan WPMU DEV ini dapat Anda jadikan andalan untuk membuat web menjadi ringan dan cepat terbuka sempurna saat diakses oleh pengunjung.

Plugin WordPress Wajib Untuk SEO

Kelebihan dari plugin ini terletak pada kemudahan yang ditawarkan dibandingkan plugin serupa lainnya yang jauh lebih ribet.

Anda dapat melihat cara kerja web caching berikut panduan lengkap Hummingbird pada artikel khusus yang secara detail membahas persoalan ini:

Plugin Cache WordPress Terbaik

7. Smush

Dari developer yang sama dengan yang membuat Hummingbird, Smush merupakan plugin yang wajib digunakan untuk SEO web Anda.

Plugin WordPress Wajib Untuk SEO

Fungsi utama dari plugin ini adalah untuk mengkompres ukuran gambar dalam konten Anda yang seringkali membuat lamban tanpa harus menurunkan kualitas visualnya.

Smush mendukung bulk optimizing (sekali klik untuk meng-optimasi banyak gambar sekaligus)–untuk gambar yang sudah Anda upload sebelumnya, optimasi secara otomatis untuk setiap gambar yang Anda upload setelah mengaktifkan plugin ini dan Lazy load.

Simak langkah demi langkah untuk menggunakan plugin ini di artikel berikut: WP Plugins Wajib Untuk SEO Image.

8. SumoMe

Rekomendasi ini akan menghemat banyak waktu Anda.

SumoMe adalah pilihan terbaik diantara sekian ratus plugin wordpress yang berfungsi untuk memberikan tombol social sharing di dalam konten blog Anda.

Plugin WordPress Wajib Untuk SEO

Silahkan langsung saja melihat penjelasan lengkap beserta cara menggunakan SumoMe untuk meningkatkan engagement di Social Platform konten yang Anda miliki: WordPress Plugins Terbaik Untuk Social Sharing.

9. Contextual Related Post

Ada banyak metode yang dapat ditempuh untuk menurunkan bounce rate sebuah website. Salah satu yang paling mudah adalah dengan menautkan internal link di dalam konten menuju konten lain yang relevan.

Cara termudah dan otomatis untuk melakukannya adalah dengan menggunakan plugin bernama Contextual Related Post.

Plugin WordPress Wajib Untuk SEO

Tidak paham dengan bounce rate? Jangan khawatir.

Anda dapat mempelajari lebih jauh tentang bounce rate sekaligus melihat bagaimana cara untuk menggunakan plugin ini secara lengkap disini: Apa itu Bounce Rate?

10. Meta Tag Manager

Jika Anda ingin merubah atau menentukan sendiri secara spesifik gambar, title dan deskripsi yang muncul saat konten Anda di share di Facebook maupun platform yang lain, maka Anda perlu untuk menggunakan bantuan dari plugin bernama Meta Tag Manager.

Sebab tanpanya, konten yang muncul saat di share akan digenerate secara otomatis (yang biasanya tidak sesuai yang diinginkan, terpotong, tidak uptodate) atau harus Anda masukkan sendiri secara manual dalam bentuk baris kode yang sudah pasti menyusahkan.

Simak penjelasannya disini: Meta Tag dan SEO.

11. Rel Nofollow Checkbox

Terakhir, sebuah plugin yang akan membantu Anda untuk memberikan atribut pada link yang ada di dalam konten milik Anda, sebagai link dofollow atau nofollow.

Saya telah menulis berbagai aturan dalam memberikan atribut link yang aman dan tidak mencederai SEO website Anda. Tentu beserta panduan untuk menggunakan plugin Rel Nofollow Checkbox.

Simak artikel selengkapnya disini: Perbedaan Nofollow dan Dofollow.

Kesimpulan

Tak ada gading yang tak retak. Kehadiran plugin-plugin yang diciptakan oleh banyak developer di seluruh dunia akan sangat membantu kita saat menggunakan WordPress.

Plugin dapat menyempurnakan wordpress menjadi mesin website yang jauh lebih powerful daripada sebelumnya. Dan tentu saja, plugin yang menunjang SEO sebagaimana telah kita buat daftarnya di post ini akan membuat web Anda jauh lebih ramah dengan mesin pencari.

Saya telah memberikan listnya. Lengkap dengan petunjuk yang detail untuk setiap plugin. Semuanya pun gratis.

Sekarang giliran Anda mengeksekusinya.

 

telegram

Semoga bermanfaat,
RA

About the author

Rianto Astono

an author, book obsessive, writing enthusiast, associate, blogger. Internet marketer since 2004.

Get in touch

Please send your email directly to rianto@gaptex.com or follow me via social channels below:

Hi!

Mau dapat strategi marketing online terbaru?

Pasti mau!

Saya sudah jago

Pebisnis Online!

Dapatkan artikel seputar bisnis online langsung ke email Anda. GRATIS.

Masukkan Email Anda

Terima Kasih

Email Anda berhasil didaftarkan