Review Shortcodes Ultimate: WP Plugins Wajib Untuk Tampilan Bagus (Gratis)

Shortcodes Ultimate dari Vladimir Anokhin adalah salah satu WP Plugins andalan saya.

Untuk berbagai kebutuhan yang berhubungan dengan tampilan visual, style, serta menambah element fungsional pada konten yang Anda miliki, seperti: Box, Button, Quote, Spoiler, Kolom, Tabel dan lain sebagainya; Anda selalu dapat mengandalkan WordPress Plugins Gratisan yang satu ini.

Mari simak review lengkapnya.

Review Shortcode Ultimate

Sebagai salah satu plugins populer dengan rating tinggi dari para penggunanya (skor 4.9 dari 5.0 saat tulisan ini dibuat), Shortcode Ultimate menjadi solusi bagi para blogger dan pemilik website berbasis WordPress untuk menghadirkan segala macam tampilan visual yang powerful dengan lebih dari 50+ fitur istimewa tersedia.

Plugins ini memungkinkan kita untuk memasukkan segala tetek-bengek element untuk mendukung konten yang kita miliki secara cepat dan tepat tanpa perlu bersusah payah, cukup dengan Shortcode saja.

Bayangkan kita bisa membuat hal-hal berikut yang biasanya cukup membingungkan, tanpa perlu aneka plugins tambahan lainnya:

Note
 Highlight 
Tooltip
Table Table
Table Table
  • List item
  • List item
  • List item
Service title
Service description
On-Page Checklist
Box content
Tab 1Tab 2Tab 3
Tab content 1
Tab content 2
Tab content 3

Dan seluruh kombinasi tampilan diatas dan masih banyak lagi!

Instalasi

Proses instalasi Plugin Shortcode Ultimate dapat secara mudah Anda lakukan langsung melalui dashboard WordPress atau mengupload nya secara manual dengan mengunjungi laman officialnya disini.

Shortcode Ultimate sendiri tersedia dalam versi berbayar dengan beberapa Premium addons tambahan yang memungkinkan kita untuk mendapatkan fungsi yang lebih maksimal. Meski demikian, versi gratis seharusnya sudah lebih dari cukup untuk digunakan pada kebutuhan yang standar. Saya sendiri sejauh ini hanya menggunakan versi gratis tanpa kendala sama sekali.

Tapi jika Anda ingin melihat versi berbayar dari plugins ini, silahkan simak detailnya disini.

Cara Pakai

Salah satu kelebihan dari Shortcode Ultimate terletak pada kemudahan yang ditawarkannya.

Sesaat setelah mengaktifkan plugins ini, maka kita dapat melihat menunya muncul saat kita membuat post maupun page.

Sesuai dengan namanya, kunci penggunaan plugins ini adalah dengan memanfaatkan fitur shortcode, dimana setiap konten yang ingin diubah tampilan visualnya akan kita letakkan di dalam shortcode, dimulai dengan shortcode buka dan dakhiri dengan shortcode tutup:

[shortcode]konten[/shortcode]

Kunci lain yang lebih penting adalah dengan memperbanyak eksperimen dan latihan untuk memaksimalkan setiap shortcode yang disediakan di plugins ini. Tidak semuanya harus dan penting untuk Anda gunakan, beberapa yang paling sering saya gunakan adalah:

  • Note
  • Highlight
  • Table
  • Button
  • Spacer
  • Heading
  • List
  • Box

Perlu diperhatikan apabila plugins ini lebih cocok digunakan untuk konten artikel (blog post) dan bukan untuk membuat landing page. Sebab untuk urusan yang terakhir akan jauh lebih mudah dibuat menggunakan drag n drop editor WYSIWYG seperti Elementor dan sejenisnya.

Kegunaan Untuk SEO

Lalu apa kaitan antara plugins Shortcode Ultimate ini dengan SEO?

Tentu saja ada.

Note: artikel ini merupakan lanjutan dari seri WP Plugins wajib untuk SEO, silahkan simak daftarnya jika Anda belum membaca:

Sebagai plugins yang berfungsi untuk membuat tampilan konten blog menjadi lebih menarik, secara tidak langsung plugins ini dapat membuat pengunjung berada lebih lama di artikel yang Anda miliki.

Tampilan visual yang menarik dan terlihat lebih profesional, penggunaan tabel, kotak, highlight pada bagian yang penting (berfungsi seperti stabilo) dan lain sebagainya; seluruhnya akan meningkatkan pengalaman pembaca.

Durasi kunjungan yang lebih lama (Average visit length) merupakan indikator yang baik bagi Google untuk menilai konten yang Anda miliki dibandingkan dengan kompetitor lainnya untuk kata kunci yang sama.

Bagi Google, semakin lama seseorang berada di sebuah web yang muncul di hasil pencarian, semakin relevan dan baik konten yang dimilikinya. Dan berlaku sebaliknya. Sebab tentu ada yang salah saat seseorang masuk ke sebuah website dan langsung menutupnya hanya dalam beberapa detik. Salah satu pencetusnya barangkali tampilan konten yang menjemukan dan kurang menarik.

Beruntung Shortcode Ultimate dapat membantu kita menyelesaikan persoalan tersebut. Pakailah.

 

telegram

Semoga bermanfaat,
RA

Popular Posts

Post Terbaru

Kategori

Rianto Astono Written by: