Panduan Menggunakan All In One SEO Pack Plugins [Lengkap]

telegram

Diantara sekian banyak plugins SEO untuk WordPress yang tersedia, satu yang terbaik menurut saya adalah All In One SEO Pack sehingga ini yang paling sering saya gunakan.

Namun berbeda dengan plugins lain untuk SEO yang sudah kita bahas sebelumnya, plugins ini langsung berhubungan dengan On Page SEO sehingga harus disetting secara tepat.

Kali ini kita akan membahasnya.

Note: artikel ini merupakan lanjutan dari seri WP Plugins wajib untuk SEO, silahkan simak daftarnya jika Anda belum membaca:

WordPress Plugins untuk SEO

Pada dasarnya, WordPress merupakan platform yang ramah terhadap SEO. Tapi ramah bukan berarti tidak bisa dibuat lebih ramah lagi.

Dengan pemilihan serta setup plugins yang tepat, kita dapat membuat WordPress jadi lebih powerful untuk bersaing di mesin pencari.

Ada setidaknya 2 nama paling mentereng di jagat WP untuk plugins SEO terbaik

  • Pertama, Yoast SEO
  • Kedua, All In One SEO

Dengan tidak mengurangi rasa hormat pada yang pertama (Yoast,yang juga jadi andalan banyak pemilik blog), saya lebih memilih yang kedua karena beberapa alasan berikut:

  • Lebih mudah digunakan
  • Lebih sederhana

Ada pun beberapa fungsi utama dari plugins ini adalah:

  • Pengaturan homepage setting (meta title, description, keywords)
  • Title settings global yang komplit
  • Custom meta title, description dan keywords untuk setiap post.

Langsung saja, saya tunjukkan kepada Anda cara untuk menggunakannya.

Panduan Menggunakan All In One SEO Pack Plugins

Secara umum, ada 2 jenis pengaturan yang dapat Anda lakukan pada plugins ini untuk menunjang SEO blog Anda:

  • Global: setting SEO web Anda secara keseluruhan.
  • Post: setting SEO untuk setiap konten yang Anda miliki.

Pengaturan Global:

Pertama, install dan aktifkan All In One SEO Pack Plugins di dashboard wordpress Anda.

Kedua, masuk ke menu pengaturan “General Settings” di All In One SEO dan setting point-point berikut:

– Centang “Canonical URLs”. Secara default opsi ini sudah tercentang, biarkan saja seperti itu.

– Home Page Setting:

  • Home title: masukkan nama web Anda. Ini akan muncul sebagai judul web Anda di homepage maupun sebagai akhiran setiap post (akan kita atur di setting berikutnya). Pastikan tidak lebih dari 57 karakter.
  • Description: Masukkan deskripsi web Anda. Ini akan muncul sebagai deskripsi utama web Anda di mesin pencari. Pastikan untuk memasukkan kata kunci di bagian ini. dan panjang keseluruhan tak lebih dari 160 karakter.

Berikut tampilan Home title & decription di Google:

  • Home keywords: masukkan kata kunci utama, kata kunci relevan yang paling penting, LSI keywords dari niche website Anda. Pisahkan dengan tanda koma.
  • Title settings: biarkan setting ini seperti adanya untuk Generic Blog dan atur seperti pengaturan berikut (page title & post title) untuk micro niche blog:

Note: Anda harus membedakan saat mengisi data-data diatas untuk blog generic, niche dan macro niche. Perhatikan jika Anda memasukkan nama dan deskripsi yang juga generic untuk blog yang juga generic dimana akan mengoptimasi banyak kata kunci berbeda yang sasarannya akan berada di setiap post. Sementara masukkan data yang spesifik (kata kunci target) untuk micro niche yang mengoptimasi home page.

Pengaturan Post:

Pengaturan plugin All In One SEO Pack dapat dilakukan untuk setiap post. Menu ini akan muncul di bagian bawah secara otomatis setiap kali Anda membuat post / page yang baru. Anda perlu melakukan pengaturan untuk mengoptimasi setiap konten yang dipublish untuk memaksimalkan penampakannya di mesin pencari sebab setiap post seringkali membutuhkan perlakukan yang berbeda.

Simak gambar berikut ini:

Berikut beberapa panduannya:

Title: Jika Anda membiarkan bagian ini begitu saja, maka plugins secara otomatis akan memanggil pengaturan global sebagaimana yang sudah kita atur sebelumnya. Dalam berbagai kasus, kita perlu melakukan penyesuaian:

  • Saat judul post Anda kelewat panjang, maka Anda dapat memasukkan Judul yang lebih pendek supaya tidak terpotong di mesin pencari.
  • Saat judul post Anda kelewat pendek, maka Anda dapat memasukkan Judul yang lebih panjang supaya lebih pas di mesin pencari.
  • Nama blog dapat dihilangkan (jika pengaturan global Anda memasukkan nama blog) atau dibiarkan begitu saja sesuai situasi dan kondisi.

Description: Jika Anda membiarkan bagian ini begitu saja, maka plugins akan secara otomatis mengambil 160 karakter pertama di post Anda sebagai konten yang akan ditampilkan di Google. Dalam berbagai kasus, kita perlu melakukan penyesuaian:

– Saat kata kunci tidak terdapat di bagian awal konten yang kita miliki (di 160 karakter pertama), maka kita perlu untuk merubah isi deksripsi dengan mencantumkan kata kunci yang ditarget supaya bisa muncul di SERP. Alasannya karena setiap kata kunci akan di bold oleh Google:

– Anda juga dapat menggunakan teknik clickbait dengan memasukkan deskripsi yang memicu rasa penasaran (curiousity) sehingga meningkatkan CTR di mesin pencari, yang mana baik untuk SEO. Anda mungkin seringkali membaca deskripsi yang muncul di hasil pencarian Google yang begitu rapi dan mungkin sama sekali tidak ada di dalam konten tersebut, di bagian inilah Anda dapat membuat hal yang sama seperti itu. Perhatikan nomor 2 dan 3 dibawah yang menggunakan custom description, bandingkan dengan no 1 dan 4.

Note: Anda dapat melihat penampakan konten Anda di mesin pencari melalui Preview Snippet yang disediakan. Selalu jadikan tampilan tersebut sebagai acuan, ubah dan sesuaikan dengan keinginan supaya konten Anda lebih optimal dan muncul dalam format terbaiknya.

Selesai. Hanya itu saja yang perlu Anda lakukan untuk setting All In One SEO Pack Plugins ini.

 

telegram

Semoga bermanfaat,
RA

Popular Posts

Post Terbaru

Kategori

Rianto Astono Written by: