Review WhatsApp Business: App Wajib Bagi Pebisnis!

Jika bisnis Anda memanfaatkan WhatsApp secara intensif untuk berkomunikasi dengan prospek / customer / klien, baik secara individual maupun dalam team, maka Anda perlu menggunakan WhatsApp Business App yang tersedia resmi di platform Android (saat tulisan ini dibuat, sayangnya WhatsApp Business belum tersedia di iOS).

Dan tenang saja, salah satu kelebihan dari app ini adalah Anda tidak harus membuang aplikasi WhatsApp Messenger lama milik Anda jika memang masih ingin digunakan.

Ini berarti, Anda memiliki fleksibilitas untuk beralih ke WA Business dengan nomor lama, menambah aplikasi WA Business dengan nomor berbeda dimana Anda dapat menggunakan 2 nomor di 1 ponsel (meski ponsel Anda hanya mendukung 1 nomor saja), tanpa harus clone aplikasi. Perlu diingat apabila 1 nomor tidak dapat digunakan untuk 2 aplikasi (biasa dan bisnis).

Pada artikel kali ini, kita akan membahas tuntas aplikasi WhatsApp Business yang wajib digunakan oleh pebisnis:

  • Berbagai kelebihannya
  • Fitur, fungsi serta cara untuk mengoptimalkannya.

 

Review WhatsApp Business (App)

Seperti namanya, WhatsApp Business dihadirkan untuk mendukung aktivitas bisnis secara lebih efisien dan efektif. Ada banyak sekali fitur disematkan pada aplikasi ini yang tidak tersedia di WhatsApp Messsenger biasa yang sudah kita kenal selama ini.

Beberapa skenario penggunaan WhatsApp Business yang bisa dilakukan, antara lain:

  • Ucapan selamat datang. Anda dapat membalas pesan otomatis ke pelanggan Anda ketika mereka pertama kali mengirim pesan kepada Anda. Misalnya: “Hi, selamat datang di toko XXX, ada yang bisa dibantu?” dan lain sebagainya. Fungsi ini sangat penting bagi bisnis Anda supaya terlihat responsif dan cepat.
  • Away Messages. Pada jam yang kita atur, balasan pesan otomatis dapat diatur untuk mengirimkan away messages. Misalnya ada yang chat jam 2 pagi, maka balasaanya bisa diset: “Hi, terima kasih atas pesan Anda. Sayangnya saat ini toko sedang tutup. Kami akan segera menghubungi Anda besok pagi saat toko dibuka.”.
  • Balasan Cepat. Digunakan untuk membalas berbagai pertanyaan serupa yang kerap diajukan oleh konsumen. Tanpa perlu mengetik ulang, Anda dapat setup berbagai balasan cepat yang dengan mudah dipanggil menggunakan tombol “/”. Selain dapat digunakan untuk menjawab pertanyaan, fungsi ini juga dapat dimmanfaatkan untuk menyimpan berbagai template chat seperti nomor rekening, ucapan terima kasih, dan lain sebagainya.

Selain itu, WA Business juga memungkinkan Anda untuk membuat profil bisnis dengan menampilkan data penting seperti website, lokasi dan informasi kontak.

Tentu saja, untuk menggunakan semua fitur diatas, kita tidak perlu untuk membayar 1 rupiah pun karena WhatsApp Business dapat digunakan secara GRATIS!

Test WhatsApp Business Pada Landline

Satu lagi fitur istimewa yang terdapat pada WA Bisnis adalah dukungannya terhadap nomor landline / fixed semacam telkom. Saya sendiri belum pernah mencobanya sendiri sehingga tidak dapat memberikan review berdasarkan pengalaman pribadi.

Hanya saja, berdasarkan deskripsi yang dijelaskan, seharusnya fitur ini tersedia dan dapat dimanfaatkan terutama bagi korporasi untuk meningkatkan benefit pada nomor yang digunakannya. Alih-alih melakukan verifikasi via sms, pada landline proses verifikasi dilakukan melalui menu “call me” dimana kode verifikasi diberitahukan melalui robot via telpon. Jika kelak saya menggunakannya, tentu infonya akan saya update disini.

Cara Menggunakan WhatsApp Business

Dijamin tidak sulit.

Anda hanya perlu install WhatsApp Business melalui smartphone Anda, kemudian lakukan verifikasi seperti biasa.

Jika ingin beralih, pastikan Anda melakukan backup chat terlebih dahulu agar histori chat lama Anda tidak hilang saat digunakan di WA Bisnis.

Selanjutnya, lakukan pengaturan melalui menu khusus yang disediakan di WA Business:

Settings > Business Settings

Anda akan melihat pilihan menu di dalamnya:

Berikut penjelasan setiap menu:

Profile: disini Anda dapat mengisi semua kolom yang ada supaya tampil di profil WA Anda, diantaranya map, kategori, deskripsi, email dan url website.

Statistics: bagian ini akan menampilkan statistik dari chat Anda untuk kebutuhan analisa dan lain sebagainya.

Short Link: fungsinya adalah untuk membuat link click to chat, sama seperti yang sudah dijelaskan disini. Bedanya, Anda kini dapat membuatnya langsung melalui aplikasi WhatsApp.

.

Sementara itu, berikut penjelasan dan cara melakukan setup untuk 3 jenis messaging tools yang disediakan:

Away message: centang menu ini jika ingin menampilkan away message atau abaikan jika tidak diperlukan.

Pada dasarnya menu ini digunakan untuk membalas chat pada saat toko atau layanan Anda tutup sehingga konsumen mengetahuinya dan tidak perlu menunggu sampai Anda memberikan balasan ketika standby.

Pengaturan advance tersedia di menu ini, yakni:

  • Dapat menentukan jadwal kapan pesan dikirimkan (setiap saat atau jam tertentu saja) atau saat toko tutup (menyesuaikan jam bisnis Anda yang sudah disetup di profile).
  • Dapat menentukan isi pesan yang dikirimkan
  • Dapat menentukan dikirim ke siapa saja (semua, semua yang tidak ada di contact list, mengecualikan nomor tertentu atau hanya dikirim ke nomor tertentu saja).

Greeting message: centang menu ini untuk mengirimkan pesan selamat datang kepada konsumen yang melakukan chat untuk pertama kalinya atau yang tidak ada aktivitas dalam 14 hari terakhir.

Menu ini sangat powerful dan wajib digunakan terutama untuk meningkatkan kecepatan respon kepada pelanggan sehingga mereka tidak perlu menunggu untuk balasan pertama.

Pengaturan advance tersedia di menu ini, yakni:

  • Dapat menentukan isi dari pesan selamat datang.
  • Dapat menentukan dikirim ke siapa saja (semua, semua yang tidak ada di contact list, mengecualikan nomor tertentu atau hanya dikirim ke nomor tertentu saja).

Quick replies: menu untuk membuat berbagai template balasan cepat sehingga tidak perlu mengetik berulangkali untuk jawaban yang mirip / sama.

Fungsi quick replies dapat dipanggil dengan mengetik simbol “/” (tanpa petik) di layar.

Untuk menggunakannya, silahkan buat dulu template quick replies, nama beserta isinya.

Sebagai informasi, seluruh fungsi business yang sudah disetup melalui app di smatphone akan otomatis berjalan saat digunakan di aplikasi WhatsApp desktop maupun web.

 

 

 

telegram

Semoga bermanfaat,
RA

Recent Posts

Categories

Written by:

One Comment

  1. Ananto Nowo Nugroho
    November 2, 2018
    Reply

    Mencerahkan !!!! Trm kasih Banyak mas Rianto Astono, arrikel yg sangat bermanfaat untuk newbi yg sdh mastah secara usia spt sy, he he

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

17 − fourteen =