fbpx

5 Alasan Beralih ke Instagram Bisnis

5

Ada yang salah:

Jika Anda menggunakan Instagram untuk berbisnis tetapi masih berkutat dengan akun personal yang serba minimalis.

Padahal, Instagram sendiri sudah cukup lama memberikan pilihan pada akun personal untuk beralih ke profile bisnis yang jauh lebih powerful.

Setelah sebelumnya kita membahas topik tentang cara menambah followers Instagram, di posting kali ini, saya akan membahas hal paling fundamental dari Instagram, yakni jenis akun beserta 5 alasan paling kuat mengapa Anda harus segera beralih ke akun Instagram Bisnis (Business Profile).

Mari kita mulai.

Instagram Business Profile

Instagram memperkenalkan Business Profile pada tahun 2016 silam. Sejak saat itu, banyak bisnis beralih dari personal profile ke business profile yang memang jauh lebih lengkap.

Peristiwa yang sama sebelumnya juga berlaku pada induk perusahaan, Facebook, saat merilis Pages dan menyarankan entitas bisnis untuk menggunakan Pages ketimbang Profile biasa yang digunakan secara umum oleh personal. Hal ini menimbulkan kekhawatiran sebab di Facebook, reach Pages tidak sebaik profile biasa, dan cenderung “dipaksa” untuk beriklan.

Namun Anda tak perlu kuatir sebab Instagram Business memiliki karakter yang berbeda jika dibandingkan dengan Pages pada Facebook.

Malah nyaris tidak ada yang betul-betul berbeda saat sebuah akun dialihkan ke Business Profile dalam hal penampilan dan cara pakai. Keuntungan didapat justru dari fitur serta informasi yang ditambahkan pada sebuah Business Profile, yang tidak ditemukan di Personal Profile.

Berikut 5 Alasan mengapa Anda harus eralih ke Akun Instagram Bisnis sekarang juga:

1. Gratis

Ini alasan terpenting. Bayangkan Anda memperoleh benefit extra tanpa harus mengeluarkan biaya apa pun. Beralih ke Business Profile adalah gratis. Cukup klik beberapa kali, maka Anda dapat langsung menikmati profile bisnis.

Note: sebelum memulai, pastikan Anda sudah menghubungkan Instagram dengan Facebook Anda. Dan karena Instagram Bisnis membutuhkan Facebook Page, maka sebaiknya Anda sudah membuat sebuah Page di dalam akun Facebook Anda. Dan tentu saja, semua hal tersebut bisa Anda hadirkan secara Gratis.

2. Mudah & Cepat

Tidak perlu gelar Doktor atau ilmu tingkat tinggi untuk mulai menggunakan Business Profile. Setiap orang bisa mulai mengalihkan akunnya ke Profile Bisnis dalam beberapa langkah.

Jika Anda sudah menyiapkan yang diperlukan, yaitu:
– Konek ke akun Facebook
– Facebook Page

Maka selanjutnya Anda hanya perlu melakukan beberapa klik dari aplikasi Instagram yang ada di smartphone untuk beralih ke Bisnis.

3. Insight Data

Salah satu fitur paling keren dan berguna dari Business Profile adalah kemampuannya memberikan DATA.

Saat akun Anda sudah berubah, maka secara otomatis Anda akan melihat “Insight” atau Wawasan dari akun Instagram Anda. Beberapa data yang dapat Anda lihat, diantaranya:

ACTIVITY:

  • Interaksi: Profile Visits, Website Clicks (link di bio)
  • Discovery: Reach (jangkauan), Impresi

CONTENT:

  • Like
  • Comment
  • Send
  • Favorites

dari setiap foto yang Anda post.

AUDIENCE:

  • Lokasi
  • Jenis Kelamin
  • Range Usia
  • Jam online Followers

Semua data diatas adalah harta karun yang bermanfaat bagi Anda untuk melakukan analisa serta strategi marketing, diantaranya:

– Mengetahui posting mana saja yang lebih disukai
– Mengetahui siapa saja audience yang Anda miliki
– Mengetahui kapan waktu terbaik untuk melakukan posting
– Mengetahui demografis audience secara akurat
– dsb.

Dengan demikian Anda dapat:

– Merumuskan konten terbaik
– Meningkatkan interaksi dan jangkauan
– Menambah lebih banyak followers

4. Tombol-tombol

Instagram Bisnis juga menyediakan berbagai jenis tombol yang dapat ditambahkan di bagian atas profile sebagai call to action bisnis Anda. Selain memanfaatkan link di bio, kita juga dapat menambahkan tombol contact yang berisi:

  • Tombol telepon: Anda dapat membubuhkan kontak telepon sebagai tombol pada akun yang dapat menghubungkan orang hanya degan satu kali sentuhan.
  • Tombol Email: Anda dapat membubuhkan kontak email sebagai tombol pada akun yang dapat berkirim email dengan Anda.
  • Tombol Peta (map): Anda dapat membubuhkan tombol petunjuk arah yang ada di akun bisnis instagram sudah terhubung secara langsung dengan google maps. Setiap orang dapat dengan mudah melacak dan mencari lokasi melalui sitem navigasi pada gadget-nya. Fitur ini akan memudahkan orang yang akan mencari tempat usaha anda.

5. Info Kategori Bisnis

Tak seperti akun profile biasa, pada business profile, kita dapat memasukkan informasi kategori bisnis untuk memberitahu audience tentang bisnis yang dimiliki oleh sebuah akun Instagram. Fitur ini tersedia secara otomatis saat Anda mengalihkan akun Instagram milik Anda.

Beberapa kategori yang dapat Anda pilih, diantaranya:

  • agen perjalanan
  • belanja & ritel
  • desain & fashion
  • hotel & penginapan
  • keuangan
  • blogger
  • website
  • pengarang
  • dan lain sebagainya

Melalui fitur ini, tentu saja orang akan lebih mudah mengenali jenis usaha apa yang tersedia pada akun Anda.

Instagram bisnis juga cocok bagi Anda yang ingin memasang iklan. Simak disini: cara iklan di Instagram.

Kesimpulan

Sederhana saja.

Bagi Anda para pebisnis yang masih menggunakan personal profile, segera alihkan akun ke Business Profile saat ini juga. Gratis dan tidak ada ruginya.

Jika pun di masa mendatang Anda perlu untuk mengembalikan jenis akun ke personal, maka Anda dapat dengan mudah switch kembali akun tersebut ke personal profile tanpa kendala berarti.

 

telegram

Semoga bermanfaat,
RA

About the author

Rianto Astono

an author, book obsessive, writing enthusiast, associate, blogger. Internet marketer since 2004.

Get in touch

Please send your email directly to rianto@gaptex.com or follow me via social channels below:

Hi!

Mau dapat strategi marketing online terbaru?

Pasti mau!

Saya sudah jago

Pebisnis Online!

Dapatkan artikel seputar bisnis online langsung ke email Anda. GRATIS.

Masukkan Email Anda

Terima Kasih

Email Anda berhasil didaftarkan