fbpx

Catatan Tentang Kolam di Facebook : Groups

C

Setelah sebelumnya kita sudah membahas tentang FB Pixel sebagai “kolam” pertama di Facebook (baca : konsep membuat kolam via pixel), maka kali ini akan membahas kolam lainnya yang tak kalah seksi : Facebook Groups.

So let’s begin …

Apa itu FB Group?
Dikutip dari Facebook : Groups adalah ruang yang didedikasikan bagi pengguna untuk berbagai status, foto atau dokumen dan pesan kepada anggota group lainnya. Facebook group membuat acara ‘kumpul-kumpul’ menjadi lebih menyenangkan karena kita bisa membuat, mengelola atau mengikuti group sesuai dengan keinginan.

group

Maka tak heran jika group adalah salah satu fitur terpenting yang ada di Facebook, bahkan mungkin menjadi alasan bagi banyak orang untuk tetap menggunakan Facebook hingga saat ini dibandingkan platform sosial media lainnya.

Berikut 6 Fakta Menarik Tentang Facebook Group :

1. Spesifik dan segmented
Group biasanya berisi orang-orang dengan minat dan kelompok yang sama, mulai dari group keluarga, teman, bisnis, jual-beli dan lain sebagainya. Setiap group yang dibuat akan memiliki nama (wajib) dan kolom deskripsi (opsional) yang mencerminkan isi.

Maka menyebut group sebagai kolam yang sangat niche friendly adalah sesuatu yang tak keliru.

2. Gratis dan massive
FB group dapat dibuat dan digunakan secara gratis dengan jumlah anggota tanpa batas. Setiap pengguna Facebook dapat bergabung hingga maksimal 6000 groups. Jumlah ini bahkan melebihi jumlah pertemanan yang diizinkan, yakni sebanyak 5000 saja.

Maka menyebut group sebagai kolam gratisan yang besar ukurannya adalah sesuatu yang tak keliru.

3. Powerful Settings
Ada 3 jenis privacy pada group yang tidak dimiliki oleh fitur-fitur lainnya di Facebook. Pilihan privacy ini memungkinkan kita untuk membuat group-group sesuai keinginan dengan sangat mudah. Selain itu, pengaturan yang tersedia pada group juga terbilang komplit dan canggih, seperti sistem approval, pinned post, add member, user role dan lain sebagainya.

Maka menyebut group sebagai kolam futuristik adalah sesuatu yang tak keliru.

4. Searchable ++
Kecuali secret group, FB Group mudah ditemukan pada hasil pencarian internal Facebook menurut kata kunci dan niche. Selain itu, group juga disarankan kepada pengguna Facebook menurut perilaku sosialnya, sebagaimana page.

Maka menyebut group sebagai kolam yang muncul di permukaan adalah sesuatu yang tak keliru.

5. Jual Beli
Tak perlu disangsikan jika group merupakan wadah yang banyak digunakan sebagai sarana jual-beli. Facebook pun tak melarang aktivitas ini. Faktanya justru group jual-beli memiliki porsi cukup besar diantara seluruh group yang ada.

Maka menyebut group sebagai kolam transaksional adalah sesuatu yang tak keliru.

6. Notified
Tak seperti status di wall atau page yang hanya muncul di newsfeed, secara default, aktivitas group akan memberikan notifikasi bagi seluruh anggotanya. Tentu saja, notifikasi akan menarik perhatian dan membuat pengguna memberikan perhatian lebih.

Maka menyebut group sebagai kolam dengan open rate yang tinggi adalah sesuatu yang tak keliru.

Lalu apa donk yang keliru?
Apabila saat ini Anda belum atau tidak memanfaatkan group untuk mendongkrak bisnis online yang Anda miliki secara maksimal, itulah hal yang keliru.

Next, masih berlanjut seputar teknis kolam-kolaman group. Dan supaya tak ketinggalan, silahkan subscribe email Anda pada kolom yang tersedia dibawah.

Semoga bermanfaat

telegram

RA
About the author click here.

About the author

Rianto Astono

an author, book obsessive, writing enthusiast, associate, blogger. Internet marketer since 2004.

Get in touch

Please send your email directly to rianto@gaptex.com or follow me via social channels below:

Hi!

Mau dapat strategi marketing online terbaru?

Pasti mau!

Saya sudah jago

Pebisnis Online!

Dapatkan artikel seputar bisnis online langsung ke email Anda. GRATIS.

Masukkan Email Anda

Terima Kasih

Email Anda berhasil didaftarkan