Altcoin Pilihan

A


Dalam portofolio investasi saya, ada 5% alokasi yang saya berikan untuk Altcoin.

Tidak terlalu banyak memang, tapi karena pertumbuhannya cukup signifikan, maka itu memengaruhi portofolio saya secara keseluruhan.

Sebagai informasi, Altcoin adalah semua cryptocurrency selain Bitcoin (BTC). Tetapi karena Ethereum (ETH) masuk dalam portofolio saya bersamaan dengan BTC, maka semua altcoin yang ada di porto saya merupakan cryptocurrency selain BTC dan ETH.

Diantara ribuan ALtcoin yang ada, saya hanya memilih 5 saja yang menurut saya paling baik dan berprospek cerah.

Berikut catatannya:

  • BTC dan ETH adalah 2 aset kripto terkuat saat ini. Untuk BTC tak perlu dijelaskan lagi sebab sudah jelas jika itu jadi pilihan investasi berbagai institusi dan individual, termasuk orang-orang terkaya di dunia saat ini. Sementara ETH superior atas teknologinya sehingga digunakan sebagai basis dari banyak sekali koin termasuk kelompok Defi yg tumbuh begitu pesat belakangan. Tahun depan diprediksi harga keduanya akan mencapai 2 hingga 3x lipat harga saat ini, bahkan lebih.
  • Saat BTC dan ETH mengalami kenaikan dan rally panjangnya di masa depan, secara otomatis juga akan berimbas kepada Altcoin. Beberapa diantaranya memiliki teknologi dan prospek yang baik untuk turut dimiliki. Saya sendiri membeli: Litecoin (LTC), Ripple (XRP), Stellar (XLM), Zcash (ZEC) dan Chainlink (LINK).

Berikut penjelasannya masing-masing:

  • LTC adalah aser kripto yg paling sering saya gunakan untuk transaksi pembayaran. Feenya sangat murah, mudah dipakai dan cepat sehingga saya memang rutin membelinya sejak lama karena kebutuhan tersebut.
  • XRP adalah aset yang paling banyak bekerjasama dengan lembaga keuangan. Ini adalah aset yang paling potensial jadi alat tukar dan mata uang di masa depan dibandingkan yang lainnya.
  • XLM hampir mirip dengan XRP. Hanya harganya relatif lebih murah sehingga menjadi menarik untuk dikoleksi.
  • Dan jika diamati, secara kebetulan aset-aset diatas, BTC, ETH, LTC, XRP dan XLM merupakan aset yang dimasukkan dalam aplikasi Stockbit di tab cryptocurrency nya.
  • ZEC akan memasuki fase teknologi barunya dalam beberapa waktu mendatang sehingga mendorong pertumbuhan nilainya. Aset ini juga masuk dalam portofolio grayscale, sebuah lembaga keuangan yang sangat besar mengelola dana nasabahnya.
  • LINK memiliki teknologi yang sangat canggih. Chainlink juga jadi sandaran berbagai koin Defi (Decentralized Finance) dalam penggunaannya. Kenaikan aset Defi yang semakin populer belakangan akan mendorong kenaikan LINK.

Strategi Membeli Altcoin

Tidak jauh berbeda dengan strategi investasi saya untuk aset lainnya, saya membeli secara rutin dan menyimpan Altcoin dalam jangka panjang.

Berikut beberapa tips saat membeli cryptocurrency:

  • Jangan pernah melakukan trading jangka pendek atau menggunakan leverage atau margin atau sistem kontrak jika belum menguasai analisa teknikal dan manajemen risiko dengan baik karena fluktuasi harganya yang amat tinggi.
  • (Jika ingin) Penjualan dapat dilakukan untuk setiap kenaikan 20-30% dalam rangka merealisasikan profit, dan jangan lupa beli kembali saat harga terkoreksi.

Dimana Membeli Altcoin?

Hampir seluruh Altcoin yang saya sebutkan di atas tidak tersedia di aplikasi Pintu.

Untuk itulah saya memakai aplikasi bernama Rekeningku.

Alasan menggunakannya:

  • Fee termurah dibandingkan aplikasi lain (hanya 0,1% untuk jual dan beli).
  • Semua aset crypto yang saya ingin beli tersedia disana.
  • Tidak menyediakan terlalu banyak aset crypto lainnya yang justru membuat bingung dan tidak fokus.
  • Interface ringan, sederhana, komplit dan sangat gampang digunakan.
  • Aman karena sudah terdaftar BAPPEPTI dan merupakan salah satu aplikasi Indonesia yang mengelola dana hingga ratusan milyar.

Jika ingin menggunakannya, silahkan unduh melalui link ini: https://riantoastono.com/rekeningku

Disclaimer on: Segala rekomendasi dan analisa saham hanyalah bersifat memberi pandangan semata, dan saya tidak bertanggung jawab atas keuntungan atau kerugian yang timbul, keputusan Investasi ada di tangan masing-masing.

Jangan lupa join channel Telegram saya yang khusus membahas tentang investasi, klik disini.

Regards,
RA

About the author

Rianto Astono

an author, book obsessive, writing enthusiast, associate, blogger. Internet marketer since 2004.

Get in touch

Please send your email directly to rianto@gaptex.com or follow me via social channels below:

Hi!

Mau dapat strategi marketing online terbaru?

Pasti mau!

Saya sudah jago

Pebisnis Online!

Dapatkan artikel seputar bisnis online langsung ke email Anda. GRATIS.

Masukkan Email Anda

Terima Kasih

Email Anda berhasil didaftarkan