10 Hal (yang Kurang Ajar) dari Shopify

Mengulas Shopify dari sisi luar nampaknya akan terlalu biasa karena ada ribuan artikel yang dapat Anda temukan di luar sana dengan bantuan mbah Google tercinta.

Maka mari ikut saya.

Mari kita masuk ke dalam sebuah relung. Tempat dimana Anda dan saya dapat melihat segalanya dengan lebih jelas. Tempat dimana kita dapat mengamati tak hanya rupa melainkan juga angka dan cara.

Tentu, saya sedang bicara tentang DATA. Acuan empiris yang pasti semua marketer butuhkan.

Dari sekian banyak jenisnya, kali ini kita akan bertatap-muka dengan DATA yang amat istimewa bagi para pebisnis online. Sebab jika diibaratkan sebuah kota, ia bukanlah data tentang penduduk sembarang, tetapi yang langsung datang dari setiap vendor mall dan lapak-lapak pusat perbelanjaan di kota itu.

Data tersebut adalah puluhan ribu toko Shopify yang kita kumpulkan dalam sebuah dashboard. Pusat harta karun yang berada persis pada sarangnya.

Dan berikut adalah 10 hal kurang ajar yang dapat Anda lakukan ketika memilikinya:

Pertama, NAMA

Bagi sebagian besar orang, menemukan nama untuk merek, brand dan domain merupakan hal yang sulit untuk dilakukan. Puluhan ribu toko online yang menggunakan platform Shopify, dari yang paling sukses hingga yang bau tanah akan memberikan suntikan ide yang segar dalam proses pemilihan nama yang Anda lakukan.

Kedua, IDE PRODUK

Terserah bagaimana cara Anda menggunakannya. Yang jelas, Anda dapat melihat produk-produk paling laris dari beragam NICHE yang dijual menggunakan paltform Shopify, dari Tshirt hingga kalung-kalungan, dari mainan rambut hingga kaos kaki, dari gadget hingga buku agenda, semuanya bisa Anda intip.

Dan Anda dapat meniru, menjiplak, memodifikasi ide tersebut untuk bisnis Anda.

Ketiga, HARGA

Pricing strategy merupakan hal yang menguras otak bagi sebagian marketer karena produk yang bagus belum tentu laku jika harganya tidak pas. Untungnya, Anda juga dapat melihat produk yang tak hanya laku dan bagus, melainkan juga lengkap dengan harga jualnya.

Ini merupakan posisi yang menarik bagi Anda untuk memasang harga yang untungnya jauh lebih besar dari perkiraan Anda, tetapi sedikit lebih murah dari para kompetitor.

Keempat, SUPPLIER

Bukan rahasia lagi apabila model bisnis international dropshipping yang cukup banyak dijalankan oleh para pebisnis online Indonesia akhir-akhir ini mengandalkan supplier dari negri panda. Niko Arabella mencontohkan dengan sangat jelas bagaimana cara menemukan supplier dengan sangat mudah untuk produk yang terbukti laris dijual dengan margin keuntungan besar melalui Shopify.

Jika belum menontonnya, simak DISINI.

Kelima, TRAFFIC

Setiap traffic, dari ranking hingga jumlah kunjungan setiap hari, dari asal muasal hingga perubahannya dapat kita lihat dan cermati. Tentu saja kita dapat meniru sumber traffic ini, karena setiap traffic punya karakteristik berbeda dan kita sudah mendapatkan informasi traffic mana yang cocok untuk setiap produk yang laku terjual.

Keenam, FACEBOOK STRATEGY

Salah satu metode penjualan yang dilakukan toko-toko berplatform Shopify yang sukses adalah melalui Facebook. Disini, kita dapat melihat langsung page dari setiap toko, melihat ad copy, ad image hingga strategi periklanan yang dilakukan di Facebook tanpa tedeng aling-aling.

Sudah pasti hal tersebut akan memangkas biaya tes, riset dan bakar-bakar budget yang tidak perlu.

Ketujuh, SOCIAL STRATEGY

Meski Facebook adalah yang terbesar, Social Channel ternyata ada banyak rupa. Bayangkan Anda dapat melihat toko yang memiliki 100% traffic yang berasal dari Youtube, atau yang 100% dari Pinterest, atau yang 100% dari Instagram, atau yang 100% dari Twitter dan seterusnya. Lalu bayangkan Anda dapat mengintip serta mencontek semua video marketing, pin, posting instagram, tweet dari toko-toko tersebut.

Enaknya dijamin bisa bikin kejet-kejet.

Kedelapan, SEO STRATEGY

Fakta menyebutkan, tak sedikit toko online Shopify yang mendapatkan 100% traffic organik dari mesin pencari. Dan fakta menyebutkan, platform Shopify punya fitur SEO yang lebih inferior dibandingkan platform lain seperti misalnya WordPress. Tentu ini merupakan peluang untuk mendapatkan product related keywords yang dapat dengan relatif mudah kita outrank di mesin pencari.

Kesembilan, SELLING STRATEGY

Secara keseluruhan, kita dapat mengamati themes yang digunakan pada toko-toko dengan dagangan yang laku. Tak ketinggalan, gambar-gambar yang digunakan, deskripsi produk, metode pembayaran dan seluruh hal yang membuat sebuah toko dapat menjual produknya.

Kesepuluh, TREND

Secara berkala, data dari puluhan ribu toko Shopify akan terus diupdate sehingga kita dapat melihat trend pasar yang nyata terjadi dalam suatu kurun. Dan bagi pemain lokal, trend ini dapat menjadi sebuah insight berharga ketika kita sadar jika produk yang trend di Indonesia biasanya terlebih dahulu trend di luar negri.

Curi start atau banting setir, tinggal pilih saja opsi terbaik demi keuntungan bisnis yang Anda jalankan.

.

Kesepuluh hal kurang ajar diatas ditambah 1001 pendekatan kurang ajar lainnya dapat dilakukan, sekali lagi jika kita memiliki sebuah dashboard yang berisi kumpulan dari puluhan ribu toko Shopify yang lengkap dengan data statistiknya.

Kabar baiknya, saya berhasil membujuk Niko Arabella untuk melepas tool simpanan yang selama ini ia sayang-sayang dan gunakan sendiri di bisnisnya supaya juga dapat membantu kita semua. Anda dan saya.

Namanya Shoptracker.

Lihat penampakan toolsnya dan dapatkan diskon 50% dalam waktu terbatas.

>> http://shoptracker.online

 

Boleh bantu SHARE, mungkin berguna bagi teman-teman yang lain.

 

telegram

RA

Like & share artikel ini:

Recent Posts

Categories

Written by:

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

14 + twenty =