fbpx

Apa itu Shopify?

A

Shopify (dibaca: Shopi-fai) adalah sebuah software toko online atau yang lebih keren disebut sebagai platform untuk bisnis eCom yang hingga saat ini telah digunakan lebih dari 500ribu onlineshop di seluruh dunia.

Di tanah air, Shopify sangat lekat dengan para top internet marketer yang berbisnis international drop shipping dengan metode pemasaran via Facebook Ads. Model bisnis yang cukup menggiurkan dengan screenshot penghasilan yang biasanya bikin ngiler sekaligus menyimpan potensi boncos yang ngeri-ngeri sedap.

Maka tak heran jika tak terlampau banyak jumlahnya orang yang “bermain” Shopify di Indonesia. Alasannya karena selain membutuhkan keahlian riset produk dan market yang mumpuni, keahlian setup campaign iklan, modal yang tidak sedikit untuk berlangganan dan memasang iklan, Shopify juga kurang cocok ketika digunakan pada toko online dengan target market lokal.

Tapi apa benar demikian? Mari kita bahas sama-sama.

Apa itu Shopify?

Sekali lagi, Shopify adalah sebuah platform toko online, sama seperti OpenCart, Magento, Woocommerce, Bigcommerce, Prestashop dan lain sebagainya.

Bedanya, Shopify punya berbagai macam keunggulan dibandingkan platform lainnya yang menjadikannya sebagai pioneer dalam beberapa tahun belakangan ini. Salah duanya adalah lebih mudah dan lebih lengkap.

  • LEBIH MUDAH – Tak diragukan lagi bila Shopify sangat mudah untuk digunakan bahkan oleh pemula sekalipun. Kita tidak akan dipusingkan dengan hal-hal yang berbau teknis karena semuanya sudah ditangani oleh Shopify, tinggal langsung pakai saja untuk dapat membuat toko online yang terlihat begitu bagus dan sangat cepat diakses.
  • LEBIH LENGKAP – API platform pada Shopify memungkinkan developer pihak ketiga untuk mengembangkan aplikasi pendukung Shopify, dari themes hingga ragam varian app yang akan membuat toko online menjadi semakin powerful.

Untuk apa Shopify?

Jawaban pendek: untuk membuat toko online.

Tetapi demi melihat biaya langganan termurahnya yang berada di angka $29/bulan atau sekitar Rp. 400ribu per bulan, Anda mungkin membutuhkan jawaban yang lebih panjang ^_^

Maka inilah beberapa poinnya:

Pertama, Shopify sangat pas digunakan untuk membuat toko online dengan target market US. Tak terhitung lagi berapa banyak brand dan produk, dari yang sangat terkenal hingga yang super cupu, dari yang memasarkannya sendiri hingga yang menggandeng partner melalui affiliate network, memanfaatkan platform Shopify untuk membangun toko onlinenya.

Seluruh fitur dan fungsi yang dimiliki Shopify adalah seideal-idealnya model toko online bagi para bule zaman milenials.

Kedua, Shopify cocok digunakan untuk berbisnis international drop shipping, yakni menjual produk ke market US/Canada/Eropa dimana produk akan dikirimkan langsung dari supplier atas nama kita. Biasanya supplier berasal dari China, bukan Indonesia. Alasannya karena ongkir Indonesia-USA yang amit-amit mahalnya serta pilihan produk lokal yang lebih sedikit dan cenderung kalah inovatif dan kalah kompetitif.

Meski belum secara luas dibahas, sebetulnya sudah ada banyak sekali panduan mengenai bisnis eCom seperti ini yang tersedia, terlebih yang berbahasa Inggris. Berbagai macam course berbayar dan gratisan, group, hingga workshop tentang Shopify berserakan dimana-mana, dari Udemy hingga BBHF ^_^

Di Indonesia, course mengenai Shopify pun ada beberapa yang bagus meski bandrol tarifnya suka bikin merinding ^_^

Ketiga, Shopify (secara prinsip) juga dapat digunakan untuk toko online lokal karena memang Shopify secara resmi sudah masuk ke Indonesia pada tahun 2013 lalu (that’s why kalau kita akses ke webnya akan selalu redirect ke shopify.co.id).

Meski demikian, beberapa pertimbangan yang harus dipikirkan selain harganya yang cukup mahal adalah payment gateway yang terbatas dan kecenderungan orang Indonesia yang tidak suka menggunakan shopping cart. Ini merupakan suasana yang cukup dilematis sebab kita memiliki pilihan lain yang lebih cocok dan lebih murah untuk dimainkan di pasar lokal seperti Woocomerce dan kawan-kawan.

Lalu bagaimana memanfaatkan Shopify?

Anda mungkin geram atau kesal sendiri melihat betapa besarnya Shopify, betapa besarnya peluang yang dihadirkan Shopify, betapa ia dapat membantu banyak orang untuk berbisnis online sementara Anda sendiri belum memanfaatkannya karena belum tahu, belum bisa atau belum berani.

Tenang dulu. Anda tidak sendiri. Sebab saya pun demikian karena saya juga bukan pemain Shopify ^_^

Tapi untungnya, saya tahu cara untuk memanfaatkan Shopify bahkan tanpa harus menggunakannya.

Salahnya Shopify menjadi sebuah platform yang mewadahi ratusan ribu toko online. Salahnya Shopify punya footprints. Salahnya Shopify menyediakan akses API.

Anda dan saya punya kesempatan untuk menggali data dari seluruh toko online yang menggunakan platform Shopify. Dari data ini, Anda dapat memanfaatkannya untuk berbagai macam hal, seperti menemukan trend produk untuk kebutuhan marketing lainnya (seperti saya untuk bermain SEO atau FB Ads) atau mulai mencoba untuk menjualnya sendiri via Shopify.

Tools tersebut GRATIS dan dapat Anda gunakan sekarang juga di link berikut: http://xpareto.com/

 

telegram

Semoga bermanfaat,
RA

About the author

Rianto Astono

an author, book obsessive, writing enthusiast, associate, blogger. Internet marketer since 2004.

Get in touch

Please send your email directly to rianto@gaptex.com or follow me via social channels below:

Hi!

Mau dapat strategi marketing online terbaru?

Pasti mau!

Saya sudah jago

Pebisnis Online!

Dapatkan artikel seputar bisnis online langsung ke email Anda. GRATIS.

Masukkan Email Anda

Terima Kasih

Email Anda berhasil didaftarkan