Apa Itu CRM? – [Gratis $100 ZOHO Wallet Credit $100]

A

Customer adalah nyawa bagi semua bisnis. Tanpanya, tak ada bisnis yang dapat bertahan.

Maka jika ada hal yang harus diprioritaskan pada sebuah bisnis, itu adalah tentang bagaimana membangun strategi untuk meningkatkan pelayanan dan kepuasan customer serta mendapatkan customer baru.

CRM atau Customer Relationship Management (bahasa Indonesia: Manajemen hubungan pelanggan) adalah sebuah sistem informasi yang terintegrasi yang digunakan untuk merencanakan, menjadwalkan, dan mengendalikan aktivitas-aktivitas sebelum maupun setelah penjualan dalam sebuah organisasi.

Marketing Technology

Semakin banyak bisnis berinvestasi pada marketing technology atau MarTech.

Fenomena ini kian relevan dengan datangnya pandemi yang mengakselerasi ekonomi digital pada hampir semua sektor, meliputi semua kelompok umur dan latar belakang sosial.

Marketing technology, atau MarTech didefinisikan sebagai berbagai software atau tools yang dapat digunakan untuk membuat, mengkomunikasikan dan mengirimkan penawaran kepada pelanggan dalam lingkup pemasaran berbasis data. Tujuannya tentu saja untuk membantu para pelaku bisnis mengoptimalkan penjualan serta pemasarannya.

Sayangnya, adopsi MarTech pada bisnis belum terjadi secara merata terutama pada bisnis-bisnis skala kecil dan menengah.

Di Indonesia, kondisinya lebih parah.

Bayangkan saja, UMKM yang beberapa waktu belakangan kerap meneriakkan slogan Go Digital justru lebih banyak melakukan pendekatan pada teknologi pemasaran serba manual yang sudah usang dan ketinggalan zaman.

Padahal, dengan semakin banyaknya konsumen di Indonesia yang berpindah ke ranah online dan melakukan transaksinya secara digital, para pelaku bisnis dituntut untuk tak hanya dapat berinovasi dengan cepat melainkan juga mampu merancang serta menghadirkan sebuah sistem terintegrasi untuk menghadirkan berbagai saluran pemasaran, mengumpulkan data, melakukan analisa, meningkatkan pengalaman pengguna, menelusuri kebutuhan pelanggan dan mengukur laba.

Kedengarannya ribet banget?

Nanti dulu.

Sekarang bayangkan Anda memiliki sebuah kampanye pemasaran.

Anda lalu menjalankan berbagai metode untuk mendapatkan traffic, baik yang berbayar menggunakan iklan maupun secara organik. Calon pelanggan kemudian datang berkunjung dan tertarik dengan penawaranmu. Mereka mungkin perlu untuk bertanya. Mereka mungkin perlu untuk mendapatkan penawaran harga sesuai dengan kebutuhannya. Mereka mungkin perlu untuk berkomunikasi denganmu.

Dari sinilah, marketing technology mengambil perannya.

Marketing Technology akan membuat seluruh proses menjadi lebih mudah dan terukur dimana Anda dapat mengenali lebih jauh kebutuhan konsumen sehingga Anda dapat membangun relasi yang lebih baik dan personal. Ini akan membuat calon konsumen menjadi konsumenmu, dan konsumen menjadi pelangganmu.

Dengan mengadopsi marketing berbasis teknologi dan data pada bisnis, Anda tak akan pernah lagi kesulitan untuk mengukur kebutuhan konsumen dan selalu dapat berkomunikasi secara mudah dan cepat.

Berdasar riset tentang pengalaman konsumen yang dirilis PwC, pengalaman konsumen yang baik akan membuat mereka merasa didengar dan dihargai sehingga mereka akan membeli lebih banyak, lebih loyal dan cenderung membagikan pengalaman tersebut kepada teman-temannya.

Kecepatan, kenyamanan, konsistensi dan sentuhan manusia akan menghasilkan koneksi sesungguhnya yang menciptakan teknologi terasa lebih manusiawi dimana interaksi manusia semakin relevan dari hari ke hari.

82% konsumen Amerika Serikat dan 74% konsumen non Amerika Serikat menginginkan interaksi yang lebih manusiawi di masa depan sehingga penting untuk memiliki marketing teknologi yang dapat mewujudkannya.

Fakta ini didukung pula oleh studi dari Forrester yang menyebutkan jika 6 dari 10 marketer (63%) memasukkan tool analitik dalam prioritas mereka dalam rangka meningkatkan pengalaman pengguna yang dapat mendongkrak penjualan.

Demikianlah investasi sebuah bisnis pada marketing technology adalah hal yang paling menguntungkan untuk dilakukan saat ini, baik bagi perusahaan besar maupun UMKM yang go digital.

Ini adalah sesuatu yang dapat mengubah tantangan menjadi peluang.

Dengan pangsa pasar ekonomi digital yang sangat besar, lebih dari 270 juta penduduk, Indonesia adalah pusat peluang pemasaran digital yang tengah berkembang pesat. Bisnis-bisnis yang mampu mengadopsi marketing technology yang memanjakan konsumen dipercaya akan jadi pemenang.

Berlangganan blog ini

Dapatkan konten terbaru dari saya langsung ke email Anda. Gratis!

This information will never be shared for third part

Faktanya, solusi marketing technology adalah kebutuhan primer bagi setiap bisnis dalam marketing modern dimana salah satu bagiannya merupakan perangkat lunak dengan pasar terbesar di dunia: CRM.

CRM

CRM atau Manajemen hubungan pelanggan adalah sebuah sistem informasi yang terintegrasi yang digunakan untuk merencanakan, menjadwalkan, dan mengendalikan aktivitas-aktivitas sebelum maupun setelah penjualan dalam sebuah organisasi.

CRM adalah sebuah gap yang membedakan bisnis-bisnis unggul yang berbasis pada pelanggan dan bisnis-bisnis usang yang hanya memikirkan keuntungan.

Pada awalnya, beberapa puluh tahun lalu, CRM dilakukan melalui media tulisan tangan dan rolodex, kumpulan catatan yang bertumpuk dan sulit dicari. Lalu berkembang pada era komputasi dengan hadirnya software database sederhana yang kemudian bertambah canggih seiring waktu.

Kini, CRM software melingkupi semua aspek yang berhubungan dengan calon pelanggan dan pelanggan saat ini, sebuah alat yang bertindak sebagai satu tempat penyimpanan untuk menyatukan aktivitas penjualan, pemasaran, dan dukungan pelanggan, serta menyederhanakan proses, kebijakan, dan team dalam satu platform.

CRM merupakan solusi yang efektif untuk menghadapi kerepotan yang ditimbulkan dalam mengelola seluruh administrasi bisnis yang berhubungan langsung dengan pelanggan dan calon pelanggan sekaligus menghadirkan pengalaman yang luar biasa bagi setiap pelanggan di seluruh tahapan siklus hidup mereka.

Fungsi utama dari CRM adalah untuk meningkatkan pertumbuhan jangka panjang dan profitabilitas perusahaan melalui pengertian yang lebih baik terhadap kebiasaan pelanggan dengan menyediakan umpan balik yang lebih efektif dan integrasi yang lebih baik.

Jika bisnismu berhubungan dengan manusia, pelanggan dan calon pelanggan, maka Anda membutuhkan CRM. Jika Anda ingin membangun pengalaman pelanggan yang prima dan ingin membuat bisnis berorientasi pada loyalitas pelanggan, maka Anda membutuhkan CRM.

JIka Anda ingin mengurangi biaya dengan pemasaran yang lebih terfokus dan efisien, maka Anda membutuhkan CRM.

Sayangnya, jika memilih tool yang salah, implementasi CRM pada bisnis justru dapat membuat runyam. Bahkan sebuah penelitian oleh Gartner menyatakan bahwa sekitar 80% perusahaan masih menggunakan layanan MarTech yang sudah tidak relevan, dan 67% menganggap teknologi yang dimiliki tidak lagi signifikan.

Untuk itulah, kita harus memilih layanan terbaik.

Memperkenalkan ZOHO CRM Plus.

Zoho CRM Plus adalah Standar Emas untuk hubungan pelanggan yang hebat, yang telah digunakan lebih dari 250.000 bisnis di 180 negara. Zoho dipercaya oleh merek ternama di seluruh dunia. Zoho CRM Plus menghadirkan solusi serbaguna dan solusi vertikal terbaik di bawah satu atap.

Saya merekomendasikan Anda untuk menggunakan Zoho CRM Plus, sebuah platform pengalaman pelanggan terpadu yang membantu Anda menghadirkan pengalaman yang luar biasa bagi setiap pelanggan di seluruh tahapan siklus pembelian mereka dan mengonversinya menjadi pendukung merek.

Zoho CRM Plus terdiri dari 9 layanan handal untuk tim yang sering berhadapan dengan pelanggan di satu antarmuka.

  1. CRM untuk otomatisasi penjualan dan manajemen saluran lengkap
  2. SalesIQ untuk obrolan langsung dan pelacakan pengunjung
  3. Desk untuk Layanan bantuan
  4. Projects untuk manajemen proyek
  5. Campaigns untuk email pemasaran
  6. Analytics untuk analisis gabungan dari seluruh tim
  7. SalesInbox untuk email penjualan eksklusif
  8. Social untuk pemasaran media sosial
  9. Survey untuk survei pelanggan dan ZIA (Kecerdasan Buatan Zoho) untuk bantuan dengan kemampuan AI untuk bisnis Anda

Zoho CRM Plus tak cuma cocok bagi bisnis yang sudah mapan, tetapi juga fit untuk UMKM di Indonesia. Tak perlu kuatir sebab Zoho CRM Plus sangat mudah digunakan oleh siapa saja dengan waktu persiapan 50% lebih singkat dari platform sejenis dengan harga yang sangat terjangkau untuk semua bisnis.

Dapatkan Zoho Wallet Credit sebesar $100 dengan mendaftarkan dirimu sekarang, klik disini.

Mulailah uji coba gratis 30 hari tanpa perlu kartu kredit.

RA

telegram

About the author

Rianto Astono

an author, book obsessive, writing enthusiast, associate, blogger. Internet marketer since 2004.

Get in touch

Please send your email directly to rianto@gaptex.com or follow me via social channels below: