9+1 Alasan Kamu Harus Belajar Copywriting

9

Copywriting merupakan salah satu ilmu yang paling dicari saat ini.

Tak heran, banyak orang kepingin menguasainya karena ilmu ini menjanjikan segenap benefit yang sangat diperlukan untuk bersaing dalam dunia marketing, terlebih saat pandemi merebak seperti sekarang dimana orang mau tidak mau harus lebih banyak mengandalkan platform digital untuk menjalankan bisnisnya.

Dan tulisan merupakan salah satu materi yang paling cocok bagi media online.

Jika sebelumnya kita sudah membahas panjang lebar topik mengenai Belajar Copywriting, maka di post kali ini saya akan menyajikan point-point penting tentang betapa pentingnya untuk belajar dan menguasai Copywriting bagi kita. Tak cuma dalam dunia bisnis dan pemasaran, melainkan juga berbagai bidang lainnya bahkan sampai soal merayu pasangan.

So langsung saja, berikut 9+1 alasan belajar dan menguasai Copywriting:

1. Bisa digunakan pada berbagai bidang

Copywriting berhubungan dengan tulisan. Kata-kata.

Dan karena hampir seluruh bidang menggunakan kata-kata serta kalimat–dari guru TK sampai negosiator berskala diplomat–maka ilmu ini pada prinsipnya dapat digunakan dimana saja.

Bahkan tak peduli apa pun profesi seseorang, Copywriting akan sangat berguna dan menjadi nilai tambah baginya.

Belajar Copywriting adalah belajar bagaimana manusia membuat keputusan, dimana kita dapat mengetahui faktor apa saja yang berperan pada proses tersebut kemudian menggunakannya untuk kebutuhan yang kita miliki.

2. Berdampak paling besar

Setiap perubahan pasti akan memberikan dampak pada hasil akhirnya.

Sebagaimana lidah adalah pedang dan tinta mengubah dunia, maka mengubah kata-kata dalam pemasaran dapat mengubah saldo rekening.

Secara ilmiah, kata-kata merupakan hal yang paling mudah diproses oleh otak manusia sehingga memberikan pengaruh paling signifikan.

3. Paling murah biayanya

Diantara semua elemen yang terdapat dalam pemasaran, mengubah kata adalah yang paling murah biayanya.

Faktanya, ketimbang mengubah desain, layout, logo atau berbagai materi lain, mengubah kata memiliki biaya nyaris nol.

Maka mengubah kata-kata adalah pilihan pertama setiap kali sebuah kampanye promosi ingin dibuat atau perlu untuk direvisi.

4. Pondasi bagi ragam ilmu pemasaran

Berangkat dari prinsip bahwa menjual adalah persoalan tentang memengaruhi bagaimana manusia membuat keputusan, maka Copywriting dapat digunakan untuk hampir semua cakupan pemasaran.

Mulai dari tulisan dalam poster, artikel untuk SEO hingga iklan berbayar, ilmu yang sama juga dapat diterapkan pada negosiasi dan penjualan offline, tak cuma ditulis melainkan juga yang diucapkan. Copywriting dapat diterapkan pada materi apa saja yang mengandung kata-kata.

5. Profesi dengan bayaran terbesar

Maka jangan heran apabila Copywriter merupakan salah satu profesi yang paling dicari sekaligus memiliki bayaran termahal.

Bukan saya yang bilang. Data di lapangan yang mengatakannya.

Berlangganan blog ini

Dapatkan konten terbaru dari saya langsung ke email Anda. Gratis!

This information will never be shared for third part

Bahkan seperti halnya pengacara, para Copywriter handal akan mendapatkan bayaran tinggi per jam untuk setiap pekerjaan yang dilakukannya.

6. Dibutuhkan oleh berbagai perusahaan

Ada banyak perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan bagi para Copywriter. Pun sebagai keahlian tambahan, menguasai Copywriting akan menjadi nilai plus bagi beragam profesi lainnya.

Hal serupa juga terjadi pada platform paruh waktu. Hampir semua situs micro-worker terkemuka di dunia menyediakan pekerjaan bagi para Copywriter. Saking istimewanya, Copywriting dapat ditemukan pada sebuah seksi dan kategori tersendiri.

7. Bisa lebih jago menulis dan bicara

Dengan menguasai copywriting, kita akan lebih jago dalam menulis, mengetahui bagaimana cara menulis dan apa yang harus ditulis agar sebuah tulisan tak cuma menarik melainkan juga dapat memengaruhi dan mendeliver pesan yang ingin disampaikan.

Keahlian tersebut secara tidak langsung akan menuntun kita untuk lebih pandai bicara. Sebab jangan salah, orator paling ulung, komedian paling lucu, pembicara terhebat, hampir seluruhnya juga merupakan penulis yang baik.

8. Mahir merayu

Menyampaikan permintaan untuk mendapat penerimaan yang tinggi dan penolakan yang rendah, itulah inti penting dari Copywriting.

Dengan demikian, Copywriting tak ubahnya aktivitas merayu dengan kata-kata. Yang tidak memaksa. Yang halus. Yang seperti sulap.

Jika kita pandai merayu, seharusnya kita lebh mudah mendapatkan apa yang kita inginkan. Tak ada hal lain yang lebih menyenangkan dari itu.

9. Meningkatkan peluang sukses lebih tinggi

Dari semua alasan-alasan yang sudah dijabarkan, maka menguasai Copywriting sudah pasti akan meningkatkan peluang sukses lebih tinggi, baik itu dalam pekerjaan, bisnis, karir maupun hubungan sosial kita dengan orang lain. Seluruh yang melibatkan kata-kata akan berubah lebih baik saat kita mengetahui Copywriting dan bagaimana itu bekerja.

Tentu ini menjadikan Copywriting sebagai sebuah ilmu yang sangat mahal.

Ribuan dollar biaya yang harus dikeluarkan oleh seseorang untuk mempelajari Copywriting dari course-course yang tersedia.

Saya sendiri pernah mengikuti beberapa diantaranya.

Tapi itu saja ternyata tidak cukup. Sebab selain harus merumuskan seluruh ilmu yang kebanyakan dibuat oleh mentor luar negri, diperlukan banyak praktik dan percobaan sebelum menemukan mana yang paling cocok untuk digunakan dalam pemasaran di market Indonesia.

+1 Belajar Copywriting Tanpa Harus Keluar Jutaan

Kabar baiknya, Anda tak perlu mengeluarkan biaya hingga ribuan dollar untuk mempelajari Copywriting.

Seluruh intisari pengetahuan dan pengalaman yang saya miliki telah saya tulis ke dalam buku saya berjudul Kopiraiting yang terjual lebih dari 2000+ eksemplar selama seminggu periode penjualan pre launch nya.

Dan hari ini kamu dapat memiliki cetakan terbarunya yang telah tersedia secara terbatas.

Miliki buku Kopiraiting sekarang, diskonnya masih ada, klik disini.

Regards,
RA

telegram

About the author

Rianto Astono

an author, book obsessive, writing enthusiast, associate, blogger. Internet marketer since 2004.

Get in touch

Please send your email directly to rianto@gaptex.com or follow me via social channels below:

Hi!

Mau dapat strategi marketing online terbaru?

Pasti mau!

Saya sudah jago

Pebisnis Online!

Dapatkan artikel seputar bisnis online langsung ke email Anda. GRATIS.

Masukkan Email Anda

Terima Kasih

Email Anda berhasil didaftarkan