5+1 Hal yang Harus Anda Miliki Untuk List Building

Membangun audiens untuk bisnis Anda adalah hal terpenting yang dapat Anda lakukan. Sebaik apa pun produk atau jasa akan sia-sia jika tak ada pembelinya.

Beberapa orang berpikir bahwa email sudah usang, tak lagi menjadi trend dan tidak sama seperti dulu.

Dan pernyataan tersebut ternyata salah. Faktanya, pemasaran melalui email masih melebihi effektivitas bahkan iklan berbayar sekali pun!

Silahkan simak 2 catatan sebelumnya tentang list building jika Anda belum sempat membacanya, disini dan disini.

Michael Hyatt, salah satu top IM, mentor dan penulis buku top yang memiliki 115,000 subscribers, mengatakan bahwa dirinya membangun bisnis multi million dollar dari list email yang dimilikinya. 90% dari penghasilannya berasal dari email.

Hal yang Harus Anda Miliki Untuk List Building

Email Vs social media Vs iklan berbayar

Data menyebutkan bahwa email lebih populer dibandingkan platform social media mana pun. Berdasarkan studi, sebanyak 85% orang menggunakan email dan 62% menggunakan social media. Bahkan studi tersebut melibatkan semua platform social media, sehingga membandingkan email dengan satu social media saja (misalnya hanya Facebook) justru akan membuat email lebih menang lagi.

Engagement Email juga lebih tinggi Vs platform lainnya

Open rate rata-rata pada email adalah sebesar 25% dengan CTR sebesar 3.5%. Sementara itu, Facebook organic reach (sebanding dengan open rate) hanyalah 6%. Nilai CTR Twitter bahkan 6x lebih buruk dari email, yakni hanya sekitar 0.5% saja.

Berikut 5 + 1 hal yang harus Anda miliki untuk membangun list :

1. Niche. Produk, jasa, layanan, apa pun yang Anda pikir bisa dijual melalui internet. Semakin spesifik semakin baik. Produk sendiri maupun produk orang (sebagai affiliate/reseller), bebas.

2. Traffic. Bisa dari SEO, sosial media (Facebook, dll), paid ads dan banyak sumber lainnya. Lihat catatan tentang FB marketing disini.

3. Squeeze page & Free offer. Semakin bagus, sederhana dan menarik, semakin tinggi nilai konversinya. Semakin cepat ‘gemuk’ listnya.

4. Relation dengan list. Komunikasi, level emosi dan pertemanan dengan list akan merubah list biasa menjadi tribes.

5. Value. Berikan value yang berbeda dan plus-plus, maka tribes akan berubah menjadi asset bisnis jangka panjang yang paling efektif dan efisien.

+ Email marketing tools & autoresponder. Simak ulasan beberapa rekomendasi software yang dapat Anda gunakan :

Cek disini.

So, sudahkah Anda melakukan list building dan email marketing?

 

telegram

Semoga bermanfaat.
RA

Recent Posts

Categories

Written by:

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 × 1 =