fbpx

Belajar Bisnis CPA

B

CPA adalah singkatan dari “Cost Per Action” atau “Cost per Acquisition”, dalam bahasa Indonesia dapat diartikan sebagai pembayaran untuk setiap aksi tertentu. Cara kerja CPA pada prinsipnya tergolong sederhana :  kita mendapat bayaran ketika seseorang meng-klik link affiliasi milik kita dan menyelesaikan aksinya. 

cpa2

Adapun “Aksi” yang dimaksud bisa bermacam-macam, diantaranya :

– Mengisi form (email, zip, cc, pin submit)
– Mendapatkan Quote
– Mendaftar Free trial
– Membeli sesuatu
– dan lain sebagainya

CPA Marketing

Dalam rantai industri online, khususnya dunia affiliasi, CPA menempati posisi tertinggi dibawah product owner/brand/vendor. Sebagai gambaran, program PPC semacam Google Adsense berada di urutan buncit rantai tersebut.

Dengan posisi pada kasta yang tinggi pada rantai affiliasi, CPA merupakan industri super besar yang memberikan peluang bagi para marketer untuk menghasilkan uang yang lebih banyak. Salah satu ciri khas dari CPA adalah dimungkinkannya marketer untuk mendapatkan berkali lipat komisi dari harga yang dibayar oleh konsumen.

Di CPA movie misalnya, setiap CC submit senilai 1 digit $ akan memberikan 2 digit $ bagi marketernya. Hal yang sama juga berlaku untuk offer dari niche berbeda seperti dating, health dan lain sebagainya. Bahkan, offer dari kategori email/zip submit dan download dengan komisi antara $1 hingga $3 tak membebankan biaya apa pun kepada konsumen.

Jika affiliate marketing konvensional menuntut sales, maka CPA marketing lebih berfokus pada lead generation.

CPA Network

Penawaran berbentuk CPA biasanya ditawarkan oleh sebuah network (jaringan) sebagai pihak ketiga yang menghubungkan advertiser dengan publisher.

Di luar negri, ada banyak sekali network CPA populer yang menjadi wadah bagi ribuan marketer untuk mendulang $.

Meski begitu, setidaknya ada 2 masalah yang timbul bagi marketer dalam negri yang ingin ikut bermain CPA menggunakan network luar :

1. Kendala bahasa dan tingkat approval yang rendah
Hampir setiap network CPA melakukan interview kepada calon publisher via telpon. Ini berarti kita harus bisa bercakap dalam bahasa Inggris dengan fasih.

Di network yang lebih besar, pengalaman CPA marketing sebelumnya juga menjadi topik pertanyaan yang harus dijawab dengan baik. Gagap menjawab is kiamat :v

2. Kendala method dan support
Oke, misalkan saja kita jago bahasa Inggris, jago interview dan akhirnya diterima di salah satu network CPA. Nah, terus apa yang harus kita lakukan selanjutnya?

Hmmm, punya akun saja tentu tidak akan memberikan penghasilan apa pun ^_^

Kita membutuhkan method untuk menjalankan CPA marketing dengan mempromosikan offer-offer yang tersedia.

Belajar CPA

Untuk mengatasi masalah diatas serta menemukan method yang kekinian serta uptodate, kita dapat memulainya dari referensi yang terdapat di forum dan web yang khusus membahas tentang CPA.

Ada 2 macam jenisnya, berbayar maupun gratisan.

Berikut daftar yang saya rekomendasikan untuk Anda ikuti untuk belajar serta menemukan informasi tentang CPA lebih lanjut:

1. CPA Elites
Forum CPA terbesar saat ini. Ada banyak sekali referensi belajar CPA serta thread khusus dari setiap network. Disini Anda bisa mengontak langsung Account Manager dari setiap network untuk mendapatkan approval.

Selain itu, di CPA Elites juga terdapat subforum yang berisi ajakan dari pemain CPA yang mencari referral dengan imbal balik memberikan methodnya kepada Anda.

Anda juga dapat mengupgrade akun ke premium member untuk melihat sub forum khusus premium member dari para elite author.

2. Affpaying
Web ini menyediakan daftar CPA dan affiliate network beserta review serta rating dari para publishernya. Jika Anda ingin menemukan network yang cocok, maka disinilah tempatnya.

Anda dapat melihat kinerja setiap network, jadwal pembayaran (apakah sering telat atau tepat waktu) serta review langsung dari publisher secara objektif.

3. STM Forum
STM atau StackThatMoney merupakan forum komunitas pemain affiliate (dan CPA) premium yang sangat terkenal di kalangan pemain CPA.

Untuk bergabung di forum ini, Anda harus membayar biaya $99 per bulan. Forum ini juga cocok bagi Anda yang ingin membangun jaringan pertemanan maupun bisnis dengan sesama pemain affiliate dari seluruh dunia.

 

telegram

Semoga bermanfaat,
RA

About the author

Rianto Astono

an author, book obsessive, writing enthusiast, associate, blogger. Internet marketer since 2004.

Get in touch

Please send your email directly to rianto@gaptex.com or follow me via social channels below:

Hi!

Mau dapat strategi marketing online terbaru?

Pasti mau!

Saya sudah jago

Pebisnis Online!

Dapatkan artikel seputar bisnis online langsung ke email Anda. GRATIS.

Masukkan Email Anda

Terima Kasih

Email Anda berhasil didaftarkan