fbpx

Trik Hemat Perpanjang Nama Domain (dan Whoisguard)

T

Dalam dunia per-website-an, nama domain merupakan aset bisnis yang tak hanya harus dipilih dan dibeli melainkan juga dilestarikan dengan cara memperpanjangnya setiap tahun.

Note kali ini berisi trik yang saya lakukan sendiri dalam berhemat hingga ribuan $$ ketika tiba saatnya untuk melakukan renewal ratusan nama domain yang saya miliki.

Welcome to my trick

Register vs Renewal

Seperti yang kita semua tahu, ada perbedaan cukup mencolok pada sisi harga antara melakukan registrasi nama domain dan memperpanjang waktu kepemilikannya.

Sebab tidak sedikit registrar domain yang berani menawarkan harga murah (atau harga nombok) untuk pembelian nama domain dengan harapan pengguna akan memperpanjangnya dengan harga normal di tahun kedua dan seterusnya seumur hidup.

Ini tentulah bukan jebakan betmen, melainkan hanya strategi penjualan belaka.

Sayangnya, ada banyak sekali konsumen yang membiarkan dirinya masuk ke dalam “jebakan” yang sebetulnya memiliki “pintu keluar” yang sangat mudah untuk dibuka dalam rangka meloloskan diri.

Pintu keluar itu bernama TRANSFER.

Renewal Domain + Whoisguard = ?

Lalu berapakah bandrol yang dipatok untuk melakukan perpanjangan domain + addon whoisguard?

Mungkin ada di sekitar angka Rp. 140-160ribuan untuk domain dot com.

Dan kabar baiknya, kita ternyata dapat memperpanjang domain tersebut (+ whoisguard) dengan harga yang jauh lebih murah, yaitu: $8.25 atau sekitar Rp. 109.000,- saja.

Harga yang bahkan lebih murah dibandingkan registrasi domain baru (.com) dalam industri domain name secara umum.

Ini berarti akan menghemat pengeluaran kita sebesar Rp. 40-60ribu setiap tahun … untuk 1 domain.

Bagaimana kalau 100? 200? atau 300 domain? Ya lumayan buat beli kerupuk setruk ^_^

*whoisguard merupakan addons yang berfungsi untuk menyembunyikan identitas pemilik domain yang sangat penting untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, kejahatan siber atau footprint yang berimbas buruk bagi SEO.

Dan beginilah caranya…

Secara prinsip, hampir semua layanan penyedia domain memberikan hak transfer kepada konsumen untuk memindahkan nama domain ke registrar lain.

Maka dari itu, menjelang berakhirnya masa aktif domain (usahakan 1-2 minggu sebelum expired supaya tidak terburu-buru), kita dapat melakukan transfer domain ke registrar lain, dalam hal ini pilihan saya adalah: Name.com.

FYI, sebagian besar domain yang saya miliki berada di Name.com dan Namecheap.com.

Biasanya, di tahun pertama saya akan melakukan registrasi domain di Namecheap kemudian mentransfernya ke Name.com di tahun kedua, lalu transfer balik lagi ke Namecheap di tahun berikutnya, dan bolak-balik begitu terus.

Maka dari itu, saya akan mencontohkan bagaimana melakukan transfer domain dari Namecheap.com ke Name.com. Cara yang relatif sama dapat dilakukan pada registrar domain lainnya.

Berikut step by step caranya:

Step 1 – Masuk dashboard. Domain list > Pilih domain > Klik “manage”.

Step 2 – Pilih menu “sharing & transfer”

Step 3 – Unlock domain supaya dapat ditransfer keluar (1). Jika sudah, klik “auth code” untuk mendapatkan kode otorisasi domain (2).

Step 4 – Ikuti instruksi yang muncul di layar dan kirim kode tersebut (send code). Kode ini juga kerap disebut EPP, secret code, dan lain sebagainya tergantung registrar masing-masing.

Step 5 – Biasanya kode otorisasi akan dikirim ke email. Maka cek email dan copy kode tersebut.

Step 6 – Selanjutnya masuk ke Name.com dan pilih menu “transfer domain”. Masukkan nama domain dan kode otorisasi yang sudah dikopi pada step sebelumnya.

Step 7 – Ketika melakukan checkout, masukkan kupon “privacyplease” untuk mendapatkan free whoisguard sehingga harganya menjadi $8.25 untuk .com. Kupon ini sudah ada sejak lama sekali dan sepertinya berlaku abadi di Name.com tanpa batas penggunaan dan waktu.

Step 8 – Selesai. Kini Anda dapat memperpanjang domain (+whois) dengan harga $8.25 (.com). Selanjutnya, silahkan ikuti semua step transfer domain yang cukup mudah untuk dilakukan yang instruksinya akan dikirimkan ke email Anda.
.
Untuk tahun berikutnya, seperti yang sudah saya sebutkan diatas, Anda dapat melakukan transfer kembali ke Namecheap. Adapun biaya transfer di Namecheap sedikit lebih mahal, yaitu:

Tetapi jelas lebih murah dibandingkan dengan memperpanjangnya di Name.com dengan biaya sebesar:

Adapun biaya renewal di Namecheap jika dibandingkan dengan biaya transfer ke Name.com (yang hanya $8.25) adalah:

Penutup

Trik ini boleh jadi hanya mampu membelikan beberapa bungkus rokok apabila domain yang Anda miliki sekarang hanya 1-2 biji saja. Tetapi mungkin perlu Anda simpan untuk berjaga-jaga jika saja di masa depan domain yang Anda miliki semakin banyak.

Jika belum punya, Anda juga boleh bungkus buku The Book of SEO disini. Siapa tahu buku ini dapat menjadi jalan pembuka bagi Anda untuk dapat mengelola domain yang lebih banyak untuk dioptimasi dengan SEO. Sebab sebagai aset online, banyak domain terkadang suka sama dengan banyak rejeki ^_^

SHARE!

 

telegram

Semoga bermanfaat,
RA

About the author

Rianto Astono

an author, book obsessive, writing enthusiast, associate, blogger. Internet marketer since 2004.

Get in touch

Please send your email directly to rianto@gaptex.com or follow me via social channels below:

Hi!

Mau dapat strategi marketing online terbaru?

Pasti mau!

Saya sudah jago

Pebisnis Online!

Dapatkan artikel seputar bisnis online langsung ke email Anda. GRATIS.

Masukkan Email Anda

Terima Kasih

Email Anda berhasil didaftarkan