fbpx

Panduan Optimasi SEO On Page dan Off Page (2019)

Rianto Astono

Dalam SEO, hanya ada 2 elemen utama yang memengaruhi rank website secara keseluruhan: On-Page dan Off-Page. Keduanya mencakup semua metiks dan faktor yang berperan dalam eksistensi web di hasil-hasil pencarian untuk setiap konten yang dimilikinya. Hampir mustahil bagi sebuah website untuk mendapatkan porsi yang berarti di SERP (search engine result pages) tanpa memperhatikan kedua elemen tersebut.

Meski demikian, secara langsung maupun tidak langsung, sadar maupun tidak, setiap pemilik website termasuk Anda biasanya secara otomatis akan melakukan optimasi yang dibutuhkan saat membangun sebuah website, seperti: menggunakan hosting yang baik & kencang, menggunakan tema yang keren, menulis konten yang berkualitas, membagikan link di social media, dan lain sebagainya.

Tapi itu saja tentu tidak cukup. Sebab dengan mengetahui detail bagian mana dan hal apa saja yang harus dilakukan dalam rangka optimasi On Page dan Off Page, yang diatas kertas sebetulnya sudah Anda kerjakan, tak hanya dapat membuat pekerjaan jadi lebih mudah dan efisien melainkan juga mampu melambungkan rank website Anda secara signifikan.

5/5

Dan untuk alasan itulah Anda berada di laman ini.

Sebentar lagi saya akan menunjukkan bagaimana cara melakukan On Page dan Off Page SEO secara runut, langkah demi langkah. Anda akan melihat insight mengenai optimasi SEO sekaligus referensi super lengkap yang telah saya tulis secara khusus untuk Anda.

Fakta menarik dari SEO

1 %
SEO TASKS

“Dengan melakukan optimasi On-Page yang benar, Anda telah menyelesaikan setengah dari pekerjaan SEO.”

Source: Quote dari The book of SEO.

1 %
TRAFFIC

“Sebanyak 40.3% klik diberikan kepada top 4 web yang muncul di laman pertama hasil pencarian.”

1 %
Google

“Di tahun 2108, sebanyak 81% dari pengguna melakukan pencarian menggunakan mesin pencari Google.”

Panduan Lengkap 2019

On-Page SEO

Panduan melakukan optimasi di dalam lingkungan website yang dapat Anda selesaikan tanpa harus bergantung pada pihak lain untuk mendongkrak ranking konten milik Anda.

Off-Page SEO

Panduan melakukan Link Building dan meningkatkan popularitas Website di social media dan platform penting lainnya yang ada di jagat maya.

Metriks terpenting dalam SEO

On Page SEO

  • Keywords & Content
  • Page speed
  • URL Permalinks
  • Inner & Outer links

Off Page SEO

  • Backlinks
  • Social signals
  • Social bookmarking
  • Popularitas

On-Page SEO

Usaha termudah, termurah dan tercepat untuk meningkatkan peluang konten berada di rank strategis hasil pencarian Google untuk kata kunci yang Anda inginkan. Fokus dan maksimalkan optimasi On-Page terlebih dahulu sebelum berpikir untuk melakukan optimasi lain yang jauh lebih rumit.

KONTEN

Hadirkan konten berkualitas dengan artikel yang panjang (2000+ kata), lengkap dengan gambar, inner-outer link.

STRUCTURE

Perhatikan struktur Permalinks dari setiap konten yang bersahabat dengan mesin pencari dan buat sitemap.

EXPERIENCE

Buat pembaca betah dengan load konten yang cepat, jenis tulisan yang baik dan tampilan warna yang menarik.

Off-Page SEO

Menangkan kata-kata kunci yang lebih sulit untuk memenangkan persaingan dengan kompetitor yang kita miliki dan buat web berada di posisi strategis dalam jangka waktu yang lebih lama dengan meningkatkan popularitas diantara berbagai platform web lainnya yang ada di jagat online.

BACKLINKS

Tautan link dari web lain yang relevan dan berkualitas tinggi sebagai link juice menuju konten milik kita.

SOCIAL SIGNALS

Aliran traffic dari berbagai platform social populer menandakan popularitas sebuah konten yang disukai pengguna.

WEB 2.0

Beragam platform web populer dengan variasi anchor, link, engine memastikan posisi terbaik di SERP.

Frequently asked questions

Pertanyaan yang paling sering diajukan:

Apa itu On Page SEO ?

On Page SEO adalah seluruh jenis optimasi yang dilakukan di dalam lingkungan sebuah web yang sepenuhnya dapat dikontrol oleh pemilik web itu sendiri. Pelajari lebih lengkap tentang ini, klik On Page SEO.

Berapa biaya yang dibutuhkan ?

On Page SEO nyaris tidak membutuhkan biaya, kecuali hosting dan konten yang bagus. Tapi diantaranya semuanya, pengetahuan dan penguasaan linkup kerja adalah hal yang paling penting untuk dimiliki.

Apa itu Off Page SEO ?

Off Page SEO adalah seluruh jenis optimasi yang dilakukan di luar lingkungan sebuah web, juga dikenal dengan sebutan Off site SEO. Meski sejatinya popularitas web dapat tumbuh dengan sendirinya berdasarkan konten menarik dan berkualitas yang kita miliki, ada beragam trik untuk dapat mempercepat optimasi ini. Pelajari lebih lengkap, klik Off Page SEO.

Mengapa begitu penting ?

Karena setiap blog membutuhkan traffic dan setiap konten membutuhkan pembaca, maka optimasi konten sebuah blog menjadi hal yang sangat krusial.

Bayangkan betapa percuma sebuah konten yang dibuat dengan bersusah payah tetapi tidak dioptimasi dengan baik sehingga tak dibaca oleh target yang diinginkan. Betapa sia-sia.

Kapan harus melakukan keduanya ?

On Page SEO seharusnya merupakan sebuah refleks. Sama seperti kita mengenakan sandal saat keluar rumah, atau memasang pintu saat membuat kamar mandi. Ketika seseorang memutuskan untuk membuat blog dan konten, maka saat itu juga dia harus melakukan On Page SEO.

Sementara itu, Off Page SEO merupakan suplemen yang dapat dilakukan untuk meningkatkan rank sebuah website, terutama untuk kata kunci yang lebih sulit.

Belajar dimana ?

Ada banyak sekali referensi mengenai kedua jenis optimasi dalam SEO ini. Nyatanya, On Page dan Off Page sudah dikenal sejak SEO menjadi bahan pembahasan sejak zaman dahulu.
 
Anda dapat belajar melalui sumber-sumber gratis yang terpercaya, seperti disini (On Page) dan disini (Off Page). Anda juga dapat membaca konsep dengan lebih terperinci melalui buku saya berjudul The Book of SEO.