fbpx

Off-Page SEO: Panduan Link Building dan Popularitas Website

O

Meski kerap dihubungkan dengan link building, optimasi Off-Page dalam SEO sejatinya bukanlah sekedar urusan membangun link belaka.

Seluruh hal yang berkaitan dengan optimasi yang berada di luar lingkungan sebuah website (disinilah terminologi Off-Page berasal) merupakan bagian dari Off-Page SEO yang tak dapat dipisahkan.

Pada posting kali ini, kita akan membahas semua hal yang perlu diketahui tentang Off-Page SEO, diantaranya:

  • Link building
  • Social signal
  • Social Bookmark
  • PBN (private blog network)

Mari kita mulai.

Apa itu Off-Page SEO & Mengapa ia Penting?

Secara garis besar, ada 2 aliran dalam SEO tentang bagaimana menyikapi optimasi Off-Page. Tidak ada salah satu yang superior karena keduanya sama-sama punya dalil yang kuat.

Aliran pertama menyebutkan jika Off-Page SEO merupakan sesuatu yang tidak wajib untuk dilakukan. Pakar SEO seperti Jim & Ricky dari Income School menyebut link building tidak berguna, sementara Brian Dean dari Backlinko (dan mayoritas pakar SEO lainnya) mengatakan jika Off-Page SEO merupakan salah satu fundamental terpenting SEO untuk meningkatkan rank di Google.

Saya sendiri berada di tengah.

Berdasarkan pengalaman saya, Off-Page SEO itu penting untuk dilakukan selama memenuhi 2 syarat, yakni: 1. Keyword / kata kunci yang dibidik memiliki tingkat kompetisi yang super berat dan 2. On-Page SEO sudah dilakukan sampai mentok, semaksimal mungkin.

Meski demikian, pada akhirnya Off-Page SEO memang sesuatu yang sangat penting dalam SEO.

Selama pola kerjanya benar.

Berikut pengertian nya:

Off-Page SEO adalah optimasi mesin pencari yang value nya berasal dari seluruh hal diluar sebuah website, tentang bagaimana pihak lain menganggap konten yang ada dalam website Anda.

Ini berarti, Off-Page SEO dapat terjadi dengan sendirinya, sebab:

  • Jika konten Anda baik, secara alami akan ada banyak orang yang dengan sukarela menautkan link.
  • Jika konten Anda baik, secara alami akan ada banyak orang yang share konten Anda di social media.
  • Jika konten Anda baik, secara alami akan ada banyak orang yang melakukan bookmark link Anda.

Ketiga komponen diatas tak lain tak bukan ramuan utama dari Off-Page SEO.

Namun begitu, tentu ada jalan lain yang dapat ditempuh untuk menghadirkan Off-Page value, persis seperti yang sudah dapat Anda terka:

  • Alih-alih menunggu ada yang memberikan link, kita bikin saja sendiri link nya.
  • Alih-alih menunggu ada yang share konten, kita share sendiri saja.
  • Alih-alih menunggu ada yang bookmark, kita bookmark sendiri saja.

Toh ada banyak sekali jasa SEO yang tersedia untuk menghadirkan ketiganya, harganya pun murah-meriah.

Tapi disinilah pangkal soalnya.

Saat Anda menghadirkan value off-page secara tidak alami dengan sumber-sumber yang kacau dari layanan-layanan yang tidak becus, ada kemalangan besar yang akan menimpa.

Beberapa kemungkinan terburuk dapat terjadi:

  • Bukan rank web Anda yang naik, bisa-bisa justru ia menghilang dari hasil pencarian untuk selamanya a.k.a terkena deindex.
  • Rank web Anda mungkin naik, tetapi karena On-Page nya buruk (konten jelek = visit duration sebentar, page views per visit jeblok, bounce rate meroket), maka tak perlu waktu lama baginya untuk segera turun dan nyungsep jauh ke belakang.
  • Pada akhirnya konten yang buruk akan turut-serta menyeret konten-konten lainnya untuk juga bersembunyi jauh di belakang hasil pencarian Google.
  • Dan kalau itu yang terjadi, maka akan sangat sulit untuk recovery web Anda di mata Google. Usaha nya mungkin akan jauh-jauh lebih susah dibandingkan lembiru, lempar dan bikin web yang baru.
  • Rugi waktu, rugi domain, rugi branding dan rugi konten.
  • Ujung-ujungnya cuma bisa gigit jari

Sampai disini, dapat ditarik kesimpulan:

  • Tidak direkomendasikan melakukan Off-Page SEO menggunakan layanan yang tidak jelas, itu adalah 99,9% diantara seluruh jasa yang ada di dunia online saat ini.
  • (Sekali lagi) jangan pernah melakukan optimasi Off-Page sebelum On-Page nya maksimal karena itu hanya akan membuang waktu percuma, beberapa yang terpenting: pemilihan keywords, konten & page-speed.

Lalu bagaimana cara yang betul?

Sebentar lagi Anda akan mengetahuinya.

Link building

Link alias Backlinks adalah hal yang sangat penting bagi sebuah website.

Bahkan menurut Neil Patel, hampir mustahil bagi Google untuk mengetahui value dari seluruh web page jika tidak ada link yang mengarah padanya, tak peduli betapa berguna, fresh atau mendalamnya pembahasan yang ada dalam sebuah konten.

Berikut langsung saja beberapa backlinks berkualitas yang dapat Anda buat:

Backlinks 101

Cara paling gampang bikin backlinks. Jangan pernah berpikir untuk melakukan link building jika Anda tidak bisa menyelesaikan metode ini, silahkan baca petunjuk komplitnya disini.

Guest post

Merupakan salah satu jenis backlinks yang sangat direkomendasikan. Saya juga telah menuliskan secara lengkap panduan untuk melakukannya, bahkan langsung mempraktekannya sehingga dapat menjadi studi kasus yang nyata untuk Anda simak dan pelajari. Lihat artikel lengkapnya di BixBux.

Forum

Sebagai tempat berkumpul yang sangat identik dengan niche spesifik, dimana sebuah forum atau subforum membahas suatu tema tertentu, forum merupakan tambang emas untuk membangun backlinks sekaligus mendapatkan traffic tertarget darinya. Sebagai informasi, backlinks terbaik yang tersedia di jagat maya adalah backlinks yang memberikan referer traffic. Sebab selain cepat terindex, terdeteksi Google, traffic yang datang juga akan memberikan benefit langsung bagi konten milik kita.

Membangun link melalui forum terbilang sederhana meski cukup menantang dan menyita waktu. Tapi justru disinilah bentuk permainannya, sebab hanya mereka yang tekun yang dapat beroleh backlinks terbaik dari forum.

Berikut langkah kerjanya:

  • Cari forum + kata kunci melalui Google. Jika di laman pertama atau kedua terdapat forum sites, incarlah itu.
  • Setelah menemukan forum yang tepat, cek apakah bisa meletakkan backlinks dan apa saja persyaratan yang diharuskan. Setiap forum memiliki aturan main berbeda sehingga kita harus memeriksanya secara mendalam.
  • Jika sudah yakin dan menemukan yang tepat, selanjutnya buat akun di forum tersebut dan mulai melakukan interaksi dengan goal menautkan konten Anda di dalam percakapan dan diskusi yang terjadi.
  • Kunci dari trik ini adalah bagaimana kita dapat berinteraksi secara alami, seolah sebagai seorang user yang merekomendasikan sebuah link sebagai referensi atas diskusi yang ada.

Quora

Beberapa tahun lalu, Yahoo! Answers akan saya masukkan dalam kategori ini. Tetapi untuk sekarang saya hanya merekomendasikan Quora sebagai tempat untuk mencari backlinks dari Q&A web platform.

Kabar baiknnya, saat ini Quora sudah secara resmi masuk ke Indonesia sehingga tersedia dalam bahasa Indonesia.

Metode untuk mencari backlinks melalui Quora adalah sesederhana memberikan jawaban atas berbagai pertanyaan di Quora yang relevan dengan konten website Anda.

Kunjungi website Quora, registrasi jika belum, lakukan pencarian kata kunci yang Anda kehendaki. Kemudian cari beberapa pertanyaan yang relevan dan beri jawaban dengan membubuhkan link ke website Anda sebagai referensi.

Private Blog Network (PBN)

Dijelaskan secara mendetail di bagian tersendiri di bagian bawah artikel ini.

Social Signal

Sejak platform social di jagat maya mulai berperan secara masif dalam keseharian pengguna di internet, sejak itu pula ia memiliki implikasi yang krusial bagi SEO.

Social signals adalah seluruh tentang popularitas sebuah website (atau konten dari website) dalam berbagai platform social yang ada, seperti: Facebook share, Facebook like, Pinterest pin dan repin, Youtube video dengan link di deskripsi, Instagram link di bio, Medium dan lain sebagainya.

Tak ada cara yang lebih mudah untuk mendapatkan social signal dibandingkan melakukannya sendiri. Artinya share langsung via akun official yang memang dibuat khusus sebagai bagian dari identitas website Anda.

Mari kita bahas satu per satu.

Facebook

Setiap brand sudah sepatutnya memiliki official page Facebook, tak terkecuali untuk setiap website yang kita miliki.

Fungsi utama dari Page Facebook tersebut tentu saja untuk share seluruh konten sesaat setelah publish di sebuah website. Tapi tak hanya sekedar share saja sebab diperlukan beberapa trik supaya share tersebut memberikan social signal yang berdampak baik untuk SEO, yaitu:

  • Lakukan “pancingan” interaksi dengan boost iklan posting tersebut. Tak perlu banyak-banyak, Rp. 10-20rb sudah cukup.
    • Untuk mendapatkan audience yang baik, selalu pastikan untuk membangun Website Custom Audience yang bisa Anda jadikan target untuk menurunkan biaya iklan dengan tingkat engagement yang tinggi.

Pinterest

Simak penjelasannya secara lengkap di post berikut: https://riantoastono.com/cara-paling-mudah-membuat-social-backlinks/

Youtube

Meski social signal dari Youtube cenderung cocok hanya untuk konten yang memiliki korelasi dengan video seperti Review produk, tutorial, how-to dan sejenisnya, bukan berarti tak ada peluang bagi niche yang lain. Ada banyak ide dalam pembuatan video, seperti voice-over, slideshow, infografis, dan lain sebagainya.

Youtube sendiri merupakan situs berbagi video terbesar di seluruh dunia yang punya porsi cukup dominan di hasil-hasil pencarian Google. Tak heran sebab Youtube merupakan salah satu pundi penghasilan terbesar bagi Google dengan pertumbuhan jumlah pengguna yang luar biasa.

Untuk membuat link di Youtube, Anda dapat meletakkannya dalam deskripsi video yang Anda upload. Pastikan Anda juga menyertakan beberapa paragraph yang mengandung keyword yang berhubungan dengan konten Anda dan call-to-action untuk mengajak orang mengunjungi website Anda.

Instagram

Dengan melejitnya Instagram sebagai platform social paling diminati saat ini, maka setiap website juga sebaiknya memiliki Instagram official. Hanya perlu diingat jika penempatan link di Instagram hanya dapat dilakukan melalui bio. Selalu pastikan untuk mengarahkan audience untuk klik link di bio pada setiap posting.

Selain menempatkan link menuju main site, kita juga dapat melakukan highlight cornerstone content milik kita dengan membubuhkan multi link menuju konten yang diinginkan secara spesifik menggunakan tool tambahan. Anda dapat menggunakan KontakK untuk melakukan hal tersebut dengan tambahan benefit, yakni backlink tambahan dari domain KontakK.com.

Untuk meningkatkan interaksi serta mendulang traffic dari Instagram menuju website atau konten di website kita, saya menyarankan Anda untuk membaca artikel panduan Instagram Marketing.

Social Bookmark

Sayang sekali. Optimasi Off-Page via social bookmark saat ini telah runtuh seiring dengan keruntuhan platform tersebut di jagat maya sehingga tak lagi layak serta bisa untuk dilakukan seperti sedia kala.

Beberapa nama yang dulu sangat populer tempat kita bisa mendulang popularitas, traffic serta share konten kini telah berubah, mengalami pivot atau malah gulung tikar.

Sebut saja Digg, Mixx dan Stumbleupon. Atau Lintas.me di Indonesia yang sudah berubah total.

So, jangan habiskan waktu percuma dengan mengulik optimasi Off-Page menggunakan social bookmark, termasuk spammy backlinks model lainnya yang berasal dari web 2.0 yang tak lagi punya value berarti dalam SEO.

PBN

Private Blog Network adalah sebuah jaringan blog / website yang kita bangun sendiri khusus untuk kebutuhan link building.

Pembahasan tentang PBN barangkali membutuhkan ruang khusus yang lebih besar mengingat betapa kompleks metodenya. Namun demikian, berikut beberapa point tentang PBN yang layak untuk Anda ketahui:

  • PBN merupakan private network sehingga tak mungkin diperoleh dari jasa-jasa layanan PBN yang secara otomatis membuat layanan menjadi publik. Lupakan menggunakan layanan PBN dari marketplace jasa karena mayoritas hanyalah gimmick pemasaran belaka.
  • PBN dibangun dari domain yang memiliki backlinks dari High authority sites, seperti: CNN, Mashable, Forbes, Wikipedia dan lain sebagainya. Diperlukan skill khusus untuk membangun PBN, dari mulai mencari expired domain, menentukan hosting, membuat blog, menghadirkan konten, mengatur link juice, setup redirect dan lain sebagainya.
  • Biaya untuk membuat PBN terbilang mahal sehingga hanya cocok untuk mengoptimasi keywords dengan value dan level kompetisi yang tinggi. Lupakan untuk menggunakan PBN jika keyword Anda biasa-biasa saja karena selalu ada cara lain yang lebih mudah, murah namun tetap optimal untuk melakukannya.

Pembahasan mendetail tentang PBN akan saya tulis di blog ini. Jangan lupa untuk berlangganan email atau join channel Telegram supaya tidak ketinggalan infonya.

Kesimpulan Off-Page SEO

Off-Page atau Off-Site SEO merupakan bagian yang tak terpisahkan dari SEO. Dengan melakukan keduanya, optimasi On-Page dan Off-Page diharapkan sebuah website dengan konten yang menyasar keywords tertentu dapat bersaing di laman pertama Google, bahkan dengan high-authority website sekali pun.

Tapi pastikan untuk tidak memaksakan Off-Page SEO dengan menggunakan sumber-sumber yang tak berkualitas. Bagaimana pun, tak seluruh konten dan semua keyword membutuhkan optimasi Off-Page. Dan tak seluruh konten layak untuk melakukannya.

Beberapa usaha minimal seperti share di sosmed dan boosting post, mungkin dapat dilakukan secara mudah, otomatis, cepat dan murah sehingga memang harus Anda lakukan.

Tetapi untuk memberikan effort lebih seperti menggunakan guest post dan PBN, terlebih dahulu:

  • Pastikan keywords punya kompetisi medium-high.
  • Pastikan konten berkualitas wahid.
  • Pastikan optimasi On-Page sudah dilakukan.
  • Pastikan backlink berkualitas tinggi.

 

telegram

Semoga bermanfaat,
RA

About the author

Rianto Astono

an author, book obsessive, writing enthusiast, associate, blogger. Internet marketer since 2004.

Get in touch

Please send your email directly to rianto@gaptex.com or follow me via social channels below:

Hi!

Mau dapat strategi marketing online terbaru?

Pasti mau!

Saya sudah jago

Pebisnis Online!

Dapatkan artikel seputar bisnis online langsung ke email Anda. GRATIS.

Masukkan Email Anda

Terima Kasih

Email Anda berhasil didaftarkan