fbpx

Cara Kerja SEO – Pahami Sekarang dan Ranking di Laman Pertama

C

Kemana arah SEO sudah semakin jelas, yakni: apa pun yang lebih berat dan lebih memuaskan pengguna, itulah yang lebih diprioritaskan Google untuk nongol di laman pertama.

Meski tak ada yang terlalu banyak berubah dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, ada beberapa hal yang layak untuk dibahas dan ditegaskan kembali supaya Anda lebih memahami tentang Cara Kerja SEO terutama di tahun 2019 ini dan tahun-tahun mendatang.

Pada posting kali ini, Anda dapat membaca:

  • Fundamental SEO 2019
  • Strategi SEO 2019

Mari kita mulai dengan studi kasus.

Note: bagi Anda yang belum paham topik ini, silahkan terlebih dahulu membaca artikel berikut: Apa itu SEO.

Cara Kerja SEO – Studi Kasus

 

Kalau Anda belum tahu, blog ini menduduki laman pertama Google untuk 3 kata kunci niche Instagram Marketing, yakni:

  • No 1 untuk kata kunci istimewa berkompetisi berat 2,2jt hasil pencarian “Instagram Marketing

  • No 1 untuk kata kunci kelas bulu “cara mencari followers tertarget

  • Dan untuk kata kunci “cara menambah followers” di posisi 7 dalam waktu kurang dari 24 dan saat ini sudah berada di posisi 3. Silahkan Google sendiri untuk melihatnya.

Kata kunci terakhir terbilang istimewa karena saya dapat melalui pendekatan Google Ads. Simak SS berikut:

Dari gambar diatas, kita mengetahui jika sebelumnya saya mengeluarkan sekitar Rp. 148K per hari di Google Ads untuk kata kunci tersebut. Dan karena kata kunci ini punya konversi yang sangat bagus di Google Ads, maka saya putuskan untuk membuat konten dari kata kunci tersebut dan sudah barang pasti pejwan.

Siapa dulu ^_^

Tentu saja, saya tak hanya mendapat traffic dengan konversi bagus melainkan juga “menghemat” biaya iklan hingga hampir 5jt setiap bulan untuk kata kunci tersebut.

Mantap kan SEO.

Content is (still) the KING

So, pertanyaannya: Apa yang saya lakukan untuk ketiga kata kunci tersebut?

Jawaban ringkasnya:

– Menulis yang bagus dan panjang
– Memperhatikan betul-betul isinya

Sudah. Cuma itu. Tanpa backlinks. Tanpa optimasi onpage yang ribet apalagi optimasi offpage yang njelimet.

.

Tapi kalau Anda mau jawaban yang lebih detail lagi, saya juga menambahkan “bumbu” berikut pada artikel tersebut secara offpage:

– Traffic dari newsletter blog ini. Juga dari channel Telegram saya.
– Boost post 10 ribu perak via Facebook Ads.

Note: Disini kita dapat melihat betapa pentingnya List Building untuk memperoleh traffic source mandiri yang kapan saja dapat kita “panggil” saat dibutuhkan. Traffic model begini terbilang cukup penting terutama bagi konten fresh untuk segera dapat bersaing di laman 2 atau 3 Google saat baru saja dipublish sebelum merangsek naik ke pejwan, yang mana jika konten kita bagus, maka akan bertahan disana.

Apabila ditanyakan jenis List Building apa yang paling bagus untuk dikerjakan, jawabannya: Email. Titik.

.

Cuma itu doang?

Iya. Tapi mari kita kembali sejenak untuk melihat apa yang saya lakukan sebelumnya.

Fundamental SEO 2019

Kunci agar konten kita dapat bersaing di laman pertama Google adalah kata kunci.

Untuk menemukannya, diperlukan riset keyword yang tepat. Dan itulah yang harus kita lakukan sebelum memulai yang lain.

Dalam kasus diatas, inilah persis yang saya lakukan sebelum menulis konten dan melakukan optimasi disana sini.

Keyword Research adalah 50% dari pekerjaan SEO. Tak diragukan lagi. Salah memilih keyword, membuat seluruh pekerjaan setelahnya menjadi kacau.

Maka riset keyword yang benar adalah fundamental nomor satu.

Fundamental SEO selanjutnya adalah seluruh yang berhubungan dengan pengalaman pengguna, berikut daftarnya:

  • Headline / Snippet: Tak hanya dalam ilmu Copywriting, headline juga sangat penting bagi SEO. Kita sebagai manusia selalu lebih tertarik dengan judul yang tidak monoton, terlebih dalam arus informasi digital yang demikian deras akhir-akhir ini. Begitu pula yang terjadi dengan orang yang sedang mencari sesuatu melalui Google.

Di urutan hasil pencarian, mata kita akan selalu menyorot Headline (judul) serta snippet (rangkuman konten yang muncul di laman hasil pencarian Google) tak hanya kepada yang paling relevan melainkan juga ke yang paling bikin penasaran.

Semakin sering sebuah web dibuka, semakin besar CTR nya, semakin baik itu bagi SEO. Tentu saja, seluruh faktor tadi akan dikonfirmasi dengan isi konten yang berada di dalam sebuah Headline / snippet.

  • Konten: Jika headline / snippet adalah penggiring sekaligus pemicu traffic, yakni saat seseorang memutuskan untuk klik link dan mengunjungi web Anda, maka konten bertindak sebagai verifier.

Apa yang terjadi saat konten lebih buruk daripada judul, entah tidak relevan, clikbait, bahasanya amburadul, tidak enak dibaca, sumber berita tak valid, dll?

Tentu pengunjung seketika langsung kabur. Akibatnya dwell time menjadi rendah dan bounce rate melompat. Kedua faktor yang sangat buruk dalam SEO yang jika terjadi berulangkali akan segera membuat web hilang dari laman hasil pencarian, terkubur nun jauh ke belakang.

Sebaliknya, jika konten ternyata baik atau malah lebih baik dibandingkan judul, entah karena gaya tulisan yang enak, sumber data dianggap valid, tata bahasa benar, mencerahkan, dll, maka pengunjung akan berada disana dalam waktu yang cukup lama. Ini merupakan sinyal yang baik untuk SEO, yang bisa menggusur kompetitor dari laman hasil pencarian untuk terus naik ke rank yang lebih tinggi.

Jadi kesimpulannya, judul yang baik harus juga diimbangi dengan konten yang baik. Kedua kombinasi tersebut adalah fundamental SEO terpenting di masa kini.

  • Page Speed: Diantara sekian banyak perkara teknis yang jadi fundamental SEO, Pagespeed adalah yang utama. Web yang loadingnya lemot cenderung ditinggalkan oleh pengunjung. Menurut Google, Page Speed juga merupakan salah satu faktor yang memiliki pengaruh signifikan dalam SEO karena berhubungan sangat erat dengan pengalaman pengguna.

Untuk meningkatkan kecepatan web, ada beberapa hal yang dapat dilakukan dengan cukup mudah, diantaranya: gunakan layanan hosting yang bagus (mungkin Anda perlu hosting luar negeri), gunakan themes yang simpel, gunakan cache plugins (jika bisa) dan buang plugins lainnya yang tidak penting.

  • SSL: keamanan lalu lintas traffic jadi konsen yang cukup penting bagi Google untuk meningkatkan kenyamanan pengguna.

Jangan lupa untuk setup SSL di web / blog Anda. Gratis dan mudah untuk dilakukan tetapi punya efek signifikan untuk SEO. Simak caranya disini.

  • Mobille First: Sebagian blogger / pemilik website kerap mengembangkan web (desain dan konten) melalui perangkat desktop (PC dan laptop) karena itu lebih powerful dan mempermudah pekerjaan, namun jangan pernah lupa untuk melihat tampilannya di perangkat mobile karena itulah calon pengunjung utama kita.

Prinsip “mobile first” design sendiri telah diperkenalkan oleh Google sejak lama dimana disarankan bagi pembuat app/produk untuk memprioritaskan pembuatan versi mobile terlebih dahulu sebelum versi lain seperti tablet maupun desktop. Jika dikaitkan dengan SEO, maka SEO masa kini adalah yang memperhatikan pengalaman pengguna mobile terlebih dahulu dibandingkan yang lain.

Hal ini sangat penting karena sejak tahun 2016 silam, traffic internet yang berasal dari perangkat mobile telah mengalahkan traffic yang berasal dari desktop. Dan sejak 2012 lalu, penjualan smartphone sudah melampaui penjualan laptop/komputer desktop.

Maka selalu perhatikan dan beri prioritas lebih untuk meningkatkan pengalaman pengguna web saat web diakses dari perangkat mobile, baik itu desain maupun konten.

Strategi SEO 2019

Sampai disini, Anda sudah tahu apa saja fundamental SEO yang terpenting di tahun 2019. Selanjutnya kita akan melakukan implementasi berbagai fundamental tersebut dalam beberapa strategi yang dapat segera Anda lakukan dan terapkan:

Tingkatkan CTR

Caranya:

  • Belajar copywriting, ada 3 artikel yang sebelumnya sudah saya tulis tentang ini, silahkan simak disini, disini dan disini.
  • Gunakan Plugins SEO seperti Yoast atau All In one SEO pack untuk melihat title & snippet preview.
  • Setup open graph untuk memaksimalhkan tampilan di social media. Gunakan plugins Meta Tag Manager, dan preview menggunakan Object Debugger.
Tingkatkan Dwell Time

Caranya:

  • Buat intro yang menarik.
  • Buat konten yang bagus dan panjang, minimal 1500 kata.
  • Jika lebih dari 1500, ada baiknya memecah konten jadi beberapa bagian untuk menurunkan bounce rate.
  • Selalu selipkan link menuju artikel lain di blog Anda, jangan lupa set open ke new window agar memudahkan pembaca.
  • Simak: cara membuat konten yang baik untuk SEO.
  • Gunakan hosting yang kencang, tema yang bagus dan hindari penempatan iklan / popup / script lain yang mengganggu pengunjung. Ingat, menutup sebuah laman hanya butuh 1 klik dan 0,1 detik saja!
Quality over Quality

Mulai sekarang, selalu pertimbangkan untuk membuat konten berkualitas tinggi ketimbang mengejar kuantitas atau frekuensi post. Seluruh faktor mulai dari main keywords, LSI keywords, title, introduksi, konten, gambar, inner link, tags dan lain sebagainya harus betul-betul optimal.

Perhatikan bila setiap konten yang jelek akan mencederai web/blog secara keseluruhan. Bounce rate tinggi di sebuah laman akan memengaruhi bounce rate secara keseluruhan. Pengalaman yang buruk di sebuah laman akan memberikan kesan buruk untuk keseluruhan blog.

Jangan sampai nila setitik rusak susu sebelanga. Dan ini merupakan hal penting dalam SEO 2019 dan di masa depan.

Koreksi

Jangan takut untuk melakukan koreksi, termasuk di blog Anda. Kesalahan adalah hal biasa, terlebih jika itu merupakan urusan teknis.

Berikut beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengoreksi blog milik Anda:

  • Edit atau hapus konten yang tidak bagus. Jika konten tidak memenuhi kriteria yang ramah SEO, tak ada salahnya untuk memperbaikinya atau (jika tak memungkinkan) hapus saja sekalian.
  • Edit dan perbaiki permalinks. Sangat penting untuk memastikan permalinks di konten blog Anda ramah dengan mesin pencari. Angka, baik itu jumlah maupun tahun, sebaiknya dibuang dari permalinks.
  • Jangan pernah lupa untuk mengecek seluruh link, baik itu inner link maupun outlink. Gunakan bantuan plugins. Link-link yang tak relevan atau tak betul (misalnya menuju laman yang eror, hilang, salah, dsb) memberikan skor buruk bagi SEO. Perhatikan juga apabila Anda meelakukan langkah diatas yaitu mengoreksi post dan memperbaharui permalink, maka Anda juga perlu untuk memperbaiki link tersebut pada konten-konten yang memuatnya.
Open Channel

Terakhir, jangan lupa untuk membuat beberapa channel di social media (jika belum) untuk website / blog yang Anda miliki. Tidak perlu semuanya, cukup yang penting-penting saja, terpenting yang Anda sempat untuk post disana dalam rangka menarik traffic sekaligus memperkuat social signal.

Beberapa channel yang penting, diantaranya:

  • Facebook Page: penting dan mudah. Anda bisa boost post dengan FB Ads untuk meningkatkan reach. Tidak perlu banyak-banyak, 10ribu perak sudah cukup.
  • Youtube: terutama jika Anda bisa membuat konten dalam bentuk video.
  • Instagram: jangan lupa membubuhkan link menuju web Anda
  • Twitter
  • dll

.

Bagi Anda yang serius mempelajari SEO, silahkan baca buku saya The Book of SEO yang mengupas topik ini secara mendalam.

 

Semoga bermanfaat,

telegram

RA

About the author

Rianto Astono

an author, book obsessive, writing enthusiast, associate, blogger. Internet marketer since 2004.

Get in touch

Please send your email directly to rianto@gaptex.com or follow me via social channels below:

Hi!

Mau dapat strategi marketing online terbaru?

Pasti mau!

Saya sudah jago

Pebisnis Online!

Dapatkan artikel seputar bisnis online langsung ke email Anda. GRATIS.

Masukkan Email Anda

Terima Kasih

Email Anda berhasil didaftarkan