6 Alasan Menghadirkan Layanan Live Chat

Pada akhirnya, semua pengguna smartphone akan belanja online juga, untuk: produk, brand, layanan, jasa, bantuan, servis dan seluruh hal yang dapat dicari melalui internet.

Menurut Lembaga riset digital marketing Emarketer, jumlah itu Indonesia akan berada di angka lebih dari 100 juta pada tahun 2018 mendatang. Maka tak heran jika visitor mobile kini mendominasi jagat maya dan menjadi sebuah keniscayaan di masa depan.

Tapi tidak seperti Anda dan saya yang sudah melek internet terlebih dahulu, yang sudah belanja online semenjak jaman old, yang sudah terbiasa menggunakan shopping cart, yang bahkan kolor atau sabun mandi pun belinya online; para pengguna internet jaman now yang tumbuh lebih subur dari jamur di musim penghujan punya pendekatan yang berbeda ketika melakukannya.

Sebagian besar dari mereka lebih suka bertanya-tanya atau memesan langsung kepada penjual ketimbang memasukkan produk ke dalam keranjang belanja (pada shopping cart web) atau mengirimkan inquiry (pada quotes web). Sebabnya karena itu jauh lebih mudah, lebih meyakinkan dan lebih cepat untuk dilakukan.

Dan di Indonesia, kondisinya terbilang istimewa.

Lazada, situs belanja online terkenal yang eksis di beberapa negara, meliputi Indonesia, Singapore, Malaysia, Vietnam, Philipina dan Thailand itu, secara khusus HANYA menyediakan layanan Live Chat 24 jam di negara Indonesia kita tercinta saja.

Tentu ini terjadi bukan tanpa alasan. Sebab selain Indonesia merupakan market terpenting dan terbesar di Asia Tenggara, sudah pasti ada permintaan yang tinggi serta riset mendalam yang menjadikan Lazada pada akhirnya bela-belain untuk menghadirkan layanan Live Chat 24 jam ini di tanah air meski itu tidak lumrah dilakukan pada sebuah portal toserba online.

The Live Chat

Disebutkan Kissmetrics, masalah utama dari belanja online adalah ada banyak sekali konsumen yang tidak terhubung dengan seseorang yang dapat menjawab pertanyaan mereka secara cepat dan real time.

Studi lain dari Forrester Research berjudul “Making Proactive Chat Work” menemukan jika:

“Mayoritas konsumen online menginginkan bantuan langsung dari orang betulan (Live Person) ketika mereka berbelanja online, 44% diantaranya mengatakan jika mendapatkan jawaban cepat dari pertanyaan yang timbul pada saat berbelanja merupakan fitur terpenting yang dapat ditawarkan oleh sebuah website.”

*Terminologi “belanja” disini memiliki arti amat luas, yakni seluruh hal yang mengarah pada aktivitas transactional.

Demikianlah, Live Chat merupakan standar layanan yang sudah seharusnya Anda hadirkan di web atau toko online yang Anda miliki, lebih-lebih jika target market Anda adalah orang Indonesia.

Konsumen mencintai LIVE CHAT. Lebih dari itu, berikut 6 Alasan Menampilkan Layanan Live Chat di Web/Toko Online Anda:

1. Lebih Cepat
Salah satu alasan mengapa orang memilih untuk belanja online adalah lebih cepat. Sebuah chatbox atau tombol chat memungkinkan itu, entah ketika mereka sedang membutuhkan informasi dasar, jawaban atas pertanyaan yang timbul atau solusi serta bantuan cepat atas sebuah masalah.

2. Lebih Bonafide
Website memang selalu on 24/7. Tetapi jika ada yang selalu “jaga kandang”, terlebih apabila itu adalah jajaran customer service yang senantiasa online, tentu saja akan membuat web terlihat lebih bonafide. Hal ini akan meningkatkan kepercayaan dari konsumen, pemicu terpenting atas transaksi jagat maya yang tidak melibatkan tatap muka secara langsung.

3. Lebih Murah
Data menyebutkan jika live chat 50% lebih murah dibandingkan dengan layanan via telpon (termasuk sms).

4. Lebih Kekinian
Penjualan yang berorientasi pada pelanggan dan bukan brand kita adalah sesuatu yang tak dapat lagi dielak pada zaman sekarang. Jadikanlah konsumen sebagai SUPERHERO yang sedang punya MASALAH, dan kita adalah GUIDE yang menjadi solusi dari masalah tersebut. Dengan layanan Live chat, hal tersebut dapat dikondisikan dengan baik.

5. Lebih Menjual
The American Marketing Association menyebutkan jika live chat, rata-rata mampu meningkatkan konversi hingga 20%. Kemudian, report by eMarketer melaoporkan jika lebih 35% pengunjung akan berbelanja setelah melakukan live chat. Dan ini motivasi utama bagi Anda untuk menggunakannya.

6. Lebih Kompetitif
Tinggalkan pesaing Anda dengan menghadirkan layanan Live chat karena survey membuktikan kurang dari 9% saja yang telah menggunakannya. Jangan tunda dan lakukan sekarang.

 

NB. Jika Anda membutuhkan solusi untuk menghadirkan sesuatu yang lebih dari sekedar LIVE CHAT, mungkin Anda membutuhkan https://klikto.chat

 

telegram

Semoga bermanfaat,
RA

Recent Posts

Categories

Written by:

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one × five =